Kendari (Antara News) - Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari mendorong warga untuk mengembangkan usaha kerajinan rotan karena dianggap usaha yang tetap menjanjikan.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMK Kota Kendari, Syam Alam, di Kendari, Minggu mengatakan, usaha kerajinan rotan memiliki prospek menjanjikan untuk dikembangkan di daerah ini.

"Tentu kita selalu mengarahkan warga untuk terus mengembangkan kerajinan rotan ini, mengingat potensinya untuk dikembangkan sangat besar karena nilai ekonominya cuku besar," katanya.

Ia mengatakan, kerajinan rotan di Kenari, sangatlah mudah untuk di kembangkan, karena potensi bahan baku di daerah itu tersedia melimpah yang di datangkan dari beberapa kabupaten terdekat.

"Bahan baku rotan di daerah ini didatangkan dari kebupaten tetangga seperti Kabupaten Konawe Selatan, Kabupaten Konawe, Kabupaten Konawe Utara dan Kabupaten Kolaka," katanya.

Menurut Syam Alam, untuk mengembangkan kerajinan tersebut pihaknya intens melakukan penyuluhan kepada kelompok pengrajin yang ingin mengembangkan kerajinan rotan.

"Kita memberikan pelatihan tambahan keterampilan kepada kelompok usaha kerajinan rotan tersebut, sehingga produksi yang mereka hasilkan motifnya beragam seseui dengan keinginan pasar," katanya.

Syam Alam mengatakan, saat ini terdapat ada beberapa kelompok kerajinan rotan yang sedang dibina oleh Pemkot Kendari.

Selain melakuan pembinaan dalam bentuk pemberian pelatihan keterampilan, pihaknya juga memberikan bantuan permodalan sebagai stimulan mengembangkan usahanya.

"Dana yang diberikan bervariasi mulai dari Rp200 hingga Rp400 juta perkelompok, dengan harapan usaha ini benar-benar bisa dikebangkan dan bisa merangsang warga lainnya untuk membentuk kelompok yang sama dalam upaya mengembangkan usaha kerajinan rotan," ujarnya.

Pewarta : Oleh: Azis Senong
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024