Kendari,  (Antara News) - Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Muna Provinsi Sulawesi Tenggara tahun 2014 mencapai sebesar tujuh persen lebih.

Bupati Muna LM Baharuddin di Kendari, Kamis mengatakan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Muna tahun lalu lebih tinggi bila dibandingkan dengan 2013 yang hanya tercatat sebesar enam persen.

"Sektor Perikanan dan Peternakan, merupakan penyumbang terbesar dari pertumbuhan ekonomi Kabupaten Muna itu," katanya.

Menurut dia, potensi perikanan dan peternakan di wilayah Kabupaten Muna cukup besar, sehingga mampu menggerakkan perekonomian di daerah itu.

"Sebagian besar masyarakat Muna, terutama yang bermukim di wilayah-wilayah pesisir mengandalkan potensi perikanan sebagai sumber pendapatan keluarga," katanya.

Demikian pula dengan peternakan kata dia, hampir setiap keluarga di Muna memiliki ternak yang juga menjadi sumber pendapatan keluarga.

"Pemerintah Pusat sendiri, telah menetapkan Muna sebagai sentra pengembangan ternak sapi nasional di kawasan Timur Indonesia," katanya.

Menurut dia, penetapan Muna sebagai sentra pengembangan ternak sapi nasional untuk mendukung program swasembada daging yang dicanangkan pemerintah.

"Kita akan berupaya mengembangkan usaha ternak sapi di Muna sehingga harapan pemerintah menjadi Muna sebagai penyangga swasembada daging nasional dapat terwujud," katanya.

Pewarta : Gusti Wilantara
Editor :
Copyright © ANTARA 2024