Kendari  (Antara News) - Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Tenggara, menggelar workshop wartawan, untuk memberikan pemahaman bagi para pekerja media tentang betapa pentingnya penyediaan dan pelayanan data statistik sehingga dapat dimanfaatkan Oleh masyarakat.

Kepala BPS Sultra, Adi Nugroho, di Kendari, Kamis, mengatakan kegiatan workshop tersebut dilakukan dalam rangka memberikan wawasan kepada wartawan terhadap data statistik baik itu berupa pengenalan cara penghitungan angka pengangguran dan kemiskinan, angka produksi padi, Inflasi, Nilai Tukar Petani (NTP) dan eksport/import.

Selain itu, wartawan juga mendapatkan penjelasan mengenai data PDRB dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Sehinnga dalam memberitakan informasi dan data statistik tidak terjadi kesalahan penafsiran terhadap istilah-istilah yang sering digunakan oleh BPS.

"Kami harapkan dengan kegiatan ini dapat memberikan pemahan yang benar kepada wartawan terkait data statistik, sehingga berita yang ditulis dapat digunakan oleh masyarakat dan pemerintah dalam peningkatan pembangunan dan perekonomian,"ujarnya.

Ia menambahkan, dalam memberikan informasi statistik, pihaknya terus berupaya untuk meningkatkan kualitas data statistik yang dihasilkan, sehingga minat masyarakat untuk memanfaatkan data-data yang dikeluarkan BPS juga semakin tinggi.

Ia menyadari, dalam setiap rilis yang dikeluarkan oleh pihaknya bisa menjadi data yang tidak bermanfaat jika masyarakat tidak mengerti maksud data tersebut. Sehinngga sangat dibutuhkan peran wartawan dalam memberikan informasi data statistik yang dapat membantu masyarakat untuk memahaminya.

"Peran wartawan sangat kami butuhkan dalam menyebarkan informasi data statistik kepada masyarakat dengan bahasa jurnalistik yang tentunya akan lebih mudah dimengerti,"ujarnya.

Tambah Kepala BPS Sultra itu, pihaknya berharap melalui woskhop tersebut, para wartawan memiliki wawasan yang lebih banyak dalam mengolah data-data statistik menjadi berita yang mudah dipengerti oleh masyarakat.

Hadir dalam Workshop wartawan yang digelar oleh BPS Sultra tersebut yakni, Kepala Biro Humas Pemerintah Provinsi Sultra, H Kusnadi sebagai moderator dalam diskusi Onggi Nebansi salah satu nara sumber yang juga Pimred Koran Lokal Kendari Pos, Sudirman Duhari Pimred media online mysultra.com,  dan belasan wartawan baik media cetak, televisi, radio dan media online.

Pewarta : La Ode Abdul Rahman
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024