Unaaha   (Antara News) - Sekitar 15 ribu warga Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), ikut memeriahkan festival "Tiolu Maulu" atau festival "male" yang digelar pemerintah setempat, di Unaaha, Kamis.

Festival Tiolu Maulu tersebut merupakan rangkaian dari peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1436 hijriyah atau 2015 masehi.

Festival tersebut digelar dalam bentuk pawai yang mengambil rute Kantor Bupati Konawe melewati rute sepanjang sekitar tujuh kilometer hingga finish di masjid Babussalam Kota Unaaha.

Diawali barisan unsur Muspida Konawe terdiri Bupati Konawe, Kery Konggoasa, Wakil Bupati Konawe, Parinringi bersama sejumlah pimpinan SKPD Konawe, dilanjutkan barisan dari masing-masing SKPD, barisan kecamatan se Kabupaten Konawe dan barisan dari mahasiswa dan pelajar di Konawe.

Kemudian diikuti dengan barisan kendaraan hias terdiri 220 unit roda empat, ratusan kendaraan roda dua dengan menampilkan berbagai ornamen dengan hiasan telur male. Begitu pula barisan yang berjalan kaki sambil membawa telur male.

Saat tiba di finish, telur male yang ada di kendaraan hias menjadi rebutan warga atau rebutan peserta yang sebelumnya berjelan kaki sehingga menjadi tontonan menarik dalam kesempatan itu.

Bupati Konawe, Kapolres Konawe, Wakil Bupati Konawe dan ketua DPRD Konawe juga larut dalam kemeriahan warga Konawe yang saling berebut telur tersebut.

"Peringatan Maulid Nabi Muhammad hari ini sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena dirangkaikan festival Tiolu Maulu melalui pawai semua elemen masyarakat di Konawe," kata Kery Konggoasa.

Menurutnya, kegiatan itu merupakan upaya pemerintah untuk mengajak masyarakat Konawe agar bisa meneladani kehidupan Nabi Muhammad SAW dan mensyukuri atas nikmat yang diberikan tuhan.

"Kegiatan ini juga akan kami jadikan sebagai agenda tahunan Konawe dan akan lebih ditingkatkan kualitasnya sehingga bisa menarik perhatian bagi warga Konawe dan warga luar Konawe," katanya.

Sedangkan wakil Bupati Konawe, Parinringi, mengaku kegiatan itu sebagai awal untuk mengembangkan wisata religius dan wisata budaya di Unaaha.

"Sehingga kedepan Unaaha sebagai ibukota Konawe bisa menjadi daerah tujuan," katanya.

Pewarta : Suparman
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024