Kendari  (Antara News) - Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Sulawesi Tenggara, Hugua menyatakan kepala daerah dari PDIP yang akan ikut pemilihan kepala daerah serentak pada 2015 mendatang, terbuka untuk umum.

"Siapa pun yang ingin menjadi calon kepala daerah melalui PDIP, dipersilakan mendaftar melalui panitia seleksi calon kepala daerah di kantor DPC PDIP tingkat kabupaten yang akan menyelenggarakan Pilkada serentak 2015," katanya di Kendari, Jum`at.

Dari beberapa calon kepala daerah yang mendaftar kata dia, panitia seleksi akan menjaring figur yang benar-benar memiliki kapasitas dan integritas yang baik di tengah masyarakat.

"Figur terbaik, apakah berasal dari internal partai atau di luar partai, akan ditetapkan sebagai calon kepala daerah dari PDIP," katanya.

Menurut dia, PDIP Sultra akan mulai membuka pendaftaran calon kepala daerah untuk Pilkada 2015, Januari 2015.

Setiap calon kepala daerah yang mendaftar di PDIP kata dia, tidak dipungut biaya apa pun alias gratis.

"Pada daerah di mana perolehan suara PDIP pada Pemilu legislatif 2014 cukup untuk mengajukan calon sendiri di KPU, PDIP akan maju sendiri," katanya.

Sedangkan pada daerah yang perolehan suaranya tidak memenuhi syarat, Pengurus PDIP akan menjalin komunikasi dengan partai lain untuk berkerja sama mengusung satu calon kepala daerah.

"Kita berharap dalam komunikasi dengan partai lain bisa menemukan kesepahaman, sehingga dalam menentukan calon kepala daerah tidak ada kendala berarti," katanya.


Pewarta : Agus
Editor :
Copyright © ANTARA 2024