Kendari  (Antara News) - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Tenggara (Sultra), Adi Nugroho, mengatakan implementasi Sistem Nasional Acount (SNA) 2008, sempurnakan penyusunan produk domestik regional bruto (PDRB) sesuai perubahan tahun dasar 2010.

"Perbedaan nyata dari PDRB tahun dasar 2000 dengan PDRB tahun dasar 2010 adalah pengelompokan sektor ekonomi yang pada tahun dasar 2000 sebanyak 9 sektor menjadi 17 sektor pada tahun 2010,"Ujarnya, di Kendari, Selasa.

Ia menambahkan, 17 sektor ekonomi tersebut yakni, sektor pertanian, kehutanan dan perikanan, sektor pertambangan dan penggalian, sektor industri pengolahan, sektor pengadaan listrik dan gas, sektor pengadaan air, sektor konstruksi, sektor perdagangan besar dan eceran, sektor transportasi dan pergudangan, sektor penyediaan akomodasi dan penyediaan makan minum.

Selanjutnya, sektor ekonomi bidang informasi dan komunikasi, sektor jasa keuangan, sektor real estate, sektor jasa perusahaan, sektor administrasi pemerintahan dan jaminan sosial wajib, sektor jasa pendidikan, sektor jasa kesehatan dan kegiatan sosial, dan pada sektor jasa lainnya.

"Selain mengembangkan sektor ekonomi, didalam SNA 2008 juga tersedia kerangka kerja `supply and use table` (SUt) yang digunakan untuk menetapkan PDRB,"ujarnya.

Ia menambahkan, bahwa SUT merupakan kerangka kerja yang menggambarkan keseimbangan aliran produksi dan konsumsi barang dan jasa serta penciptaan pendapatan dan aktivitas produksi.

Menurutnya, dengan menggunakan kerangka SUT yang termuat dalam SNA 2008 Untuk tersebut, dapat digunakan untuk menganalisis kesenjangan data yang terintegrasi melalui mekanisme keseimbangan penyediaan dan penggunaan terhadap barang dan jasa.

Dimana, kerangka SUT tersebut, juga dapat memberikan gambaran tentang keterkaitan antara lapangan usaha, pelaku ekonomi dan produk yang dihasilkan.

"Dalam penyusunan PDRB sesuai dengan SNA 2008 dengan tahun standar 2010, disusun berdasarkan produksi, pendapatan dan pengeluaran secara konsisten,"ujarnya.

Ia menambahkan, dengan menggunakan SNA 2008 pada perubahan tahun dasar PDRB 2010 dapat memberi informasi tentang perekonomian regional terkini seperti pergeseran struktur dan pertumbuhan ekonomi juga dapat mengetahui dan memahami mekanisme pencatatan statistik data PDRB baik secara lokal, nasional maupun regional.

Pewarta : Antara
Editor :
Copyright © ANTARA 2024