Raha  (Antara News) - Badan Lingkungan Hidup Pemerintah Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara, mendorong berbagai sekolah untuk menerapkan program Adiwiyata guna membangun kesadaran anak sejak usia dini terhadap pentingnya pelestarian lingkungan.

"Adiwiyata merupakan program Kementerian Lingkungan Lidup yang menekankan lingkungan sekolah selalu bersih dan hijau," kata Kepala Badan Lingkungan Hidup Pemkab Muna L. Untu di Raha, Jumat.

Untuk mewujudkan lingkungan sekolah bersih dan hijau, kata dia, pengelola sekolah bersama anak didik harus menata lingkungan sekolah dengan berbagai tanaman hias atau pohon pelindung, serta memelihara sehingga kelihatan asri dan indah.

"Dengan lingkungan asri dan indah, dipastikan lingkungan sekolah dapat memberi rasa nyaman bagi pengelola sekolah dan peserta didik," katanya.

Dia mengharapkan lingkungan bersih, asri, dan indah tersebut dapat membangun kesadaran seluruh warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan di daerah manapun mereka berada.

Ia mengatakan program Adiwiyata di Muna mendapat sambutan hangat seluruh pengelola sekolah di kabupaten tersebut.

"Respons positif dari para pengelola sekolah itu tampak saat BLH menyosialisasikan konsep dari program Adiwiyata," katanya.

Seluruh sekolah di Muna melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat, kata dia, saat ini telah bekerja sama dengan BLH untuk membangun kawasan sekolah berbasis pelestarian lingkungan hidup.

"Kita harapkan melalui kerja sama ini, seluruh sekolah di Muna dapat menerapkan pembangunan kawasan sekolah berbasis pelestarian lingkungan dan diikutkan dalam program Adiwiyata," katanya.

Pewarta : Gusti Wilantara
Editor :
Copyright © ANTARA 2024