Baubau   (Antara News) - Bupati Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra), Syamsu Umar Abdul Samiun, melepas calon haji asal Buton di rumah jabatan bupati Baubau, Jum`at.

Pada kesempatan tersebut, bupati Syamsu Umar meminta para calon haji agar saat menunaikan ibadah haji di tanah suci Mekkah turut mendoakan Boton sehingga terhindar dari berbagai masalah.

"Doakan juga agar pemerintah kabupaten Buton selalu diberikan kekuatan untuk melaksanakan pembangunan sehingga kesejahteraan rakyat di daerah ini bisa meningkat dari tahun ke tahun," katanya.

Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Buton kata bupati, turut pula mendoakan para jamaah calon haji, agar selama berada di Mekkah dalam keadaan sehat sehingga bisa melaksanakan ibadah dengan baik.

"Kami masyarakat mendoakan agar saudara-sudara kembali di Tanah Air dalam keadaan selamat dan menjadi haji mabrur," katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pemberangkatan calon haji kabupaten Buton, Muchtar melaporkan bahwa kuota haji yang diberikan pemerintah pusat kepada Kabupaten Buton sebanyak 31 orang.

Dari jumlah tersebut, kata dia, yang menulasi biaya penyelenggaraan haji (BPIH) hanya 21 orang.

"Enam orang tidak melunasi biaya haji, dua orang meninggal dan satu orang sedang menderita sakit," katanya.

Makanya, kata dia, jamah calon haji asal Buton yang bisa berangkat ke Tanah Suci Mekkah hanya mereka yang melunasi ongkos haji, yakni 21 orang.

"Jamaah calon haji ini akan diberangkat dari Baubau hari ini dan diberangkatkan ke Mekkah melalui embarkasi Makassar pada 23 September 2014," katanya.

Pewarta : Agus
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024