Kendari   (Antara News) - Harga eceran elpiji ukuran 3 Kilogram (kg) di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), dijual dengan harga Rp19.000 pertabung.

Salah satu pedagang eceran elpiji 3 kg, Dadang, di Kendari, mengatakan menjual elpiji 3 kilogram dengan harga Rp19.000/tabung lebih tinggi Rp1.100 dari harga eceran tertinggi (HET) yakni Rp17.900.

"Harga elpiji ukuran 3 kilogram kami naikan karena kami membelinya dengan harga Rp18.000/tabung,"ujarnya.

Ia menambahkan dirinya berjualan elpiji keliling menggunakan sepeda motor, dan dengan menaikan harga ia anggap sebagai jasa mengantar,"ujarnya.

Selain menjual elpiji keliling langsung diantar ke alamat pelanggannya, ia juga memberikan pelayanan pemasangan tabung gas.

Salah seorang pedagang eceran yang memiliki kios, Mersi, mengatakan menjual elpiji 3 kg dengan harga Rp18.500/tabung jika pembeli datng sendiri untuk membeli sedangkan jika diantarkan kelamat pembeli tersebut harganya menjadi Rp20.000/tabung.

"Setiap pembeli saya selalu sampaikan kalau diantar langsung kealamatnya ada penambahan uang transportasi, agar mereka tidak kaget saat membayar,"ujarnya.

Ia menambahkan banyak dari pembeli yang memesan untuk diantarkan kealamatnya, karena menganggap lebih mudah dan menghemat waktu mereka.

Menurutnya sudah beberapa hari terakhir permintaan akan elpiji 3 kg mengalami peningkatan yang diakibatkan oleh naiknya harga elpiji 12 kg.

Pewarta : La Ode Abdul Rahman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024