Kendari  (Antara News) - Sebanyak 30 jemaah calon haji asal Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra), siap berangkat menunaikan ibadah haji ke Mekkah dan Madinah tahun 2014 yang bertepatan dengan tahun 1435 H.

"Ada 30 jemaah calon haji asal Kabupaten Muna siap untuk berangkat karena sudah melunasi biaya perjalanan ibadah haji," ujar Kepala Kementerian Agama Kabupaten Muna, Kamarudin, saat dihubungi lewat telepon dari Kendari, Kamis.

Ia menambahkan 30 calon jemaah haji tersebut siap untuk berangkat dan sekarang telah mengikuti manasik haji yang dilaksanakan kelompok bimbingan ibadah haji.

Kesiapan para calon jamaah haji tersebut dipastikan setelah JCH asal Kabupaten Muna, sudah melakukan cek kesehatan, dan keimigrasiannya sudah siap, dan juga sudah dilakukan suntik meningitis.

Menurutnya Kementerian Agama Kabupaten Muna telah melaksanakan manasik haji kepada JCH sesuai dengan ketentuan pelaksanaan manasik haji yang sudah ditentukan oleh Kementerian Agama pusat.

"Jemaah calon haji asal Muna tahun haji 2014 ini, masuk dalam Kloter 20 dan 24 nantinya proses keberangkatan ke tanah suci melalui embarkasi Hasanudin Makasar," ujarnya.

Ia menambahkan seluruh calon jamah haji akan diberangkatkan melalui embarkasi Hasanidin Makasar sesuai dengan kloter mereka masing-masing yakni kloter 20 pada tanggal 23 September 2014, kloter 22 tanggal 25 September 2014 dan kloter 24 pada tanggal 26 September 2014.

menurutnya seluruh proses penyelenggaraan ibadah haji sudah dilakukan sesuai dengan aturan dan ketentuan Undang-undang (UU) nomor 13 tahun 2008, tentang penyelenggaraan ibadah haji.

"Kami selalu berusaha untuk memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh calon jemaah haji asal Sultra, khususnya jemaah calon haji yang berusia lanjut, agar di saat menjalankan ibadah dapat khusyuk, sehingga menjadi haji yang mabrur," ujarnya.

Sesuai jadwalnya, calon jemaah haji di daerah daerah tersebut mulai masuk asrama haji pada 22 september untuk kloter 20, 24 september untuk kloter 22 dan 25 september untuk kloter 24.

Pewarta : La Ode Abdul Rahman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024