Kolaka (Antara News) - Istri Gubernur Sulawesi Tenggara, Ny. Tina Nur Alam menobatkan "Bunda PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini)" kepada Herty Ahmad Safei, isteri Bupati Kolaka, yang berlangsung di Gedung Islamic Center Kolaka, Kamis.

Penobatan Bunda PAUD Kolaka itu dirangkaikan dengan peringatan Hari Anak Nasional tahun 2014, turut dihadiri Bupati Kolaka, Ahmad Safei, Ketua DPRD Kolaka, Parmin Dasir dan Wakil Bupati Kolaka, Muhammad Jayadin serta para pejabat instansi veertikal dan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) setempat.

Pada kesempatan itu, Bupati Kolaka, Ahmad Safei mengatakan, penobatan bunda PAUD dan peringatan Hari Anak Nasional di Kabupaten Kolaka dengan tema "Mewujudkan Gerakan Paudnisasi yakni Satu Desa Berdiri Satu PAUD".

"Pemerintah Kabupaten Kolaka menjadi sektor pendidikan sebagai salah satu program prioritas pertama pembangunan dari sembilan program yang telah dituangkan dalam rencana kerja lima tahun ke depan," katanya.

Safei mengatakan, pemerintah menyadari pelayanan pendidikan anak usia dini (PAUD) belum sepenuhnya tersentuh pelayanan secara maksimal di 12 kecamatan dan 135 desa/kelurahan yang ada di Kolaka.

Menurut dia, berdasarkan data tahun 2013 masih ada 30 desa yang belum memiliki lembaga PAUD karena usia anak 3-6 tahun yang tersebar sebanyak 5.093 anak sementara yang baru dilayani sekitar 2.191 anak.

Ini berarti, lanjut dia, baru 43 persen anak usia dini yang baru dilayani oleh lembaga PAUD.

Safei mengharapkan seluruh masyarakat yang terkait dengan kegiatan pendidikan anak usia dini untuk bekerja lebih keras guna menuntaskan target yakni mewujudkan satu desa satu lembaga PAUD.

Sementara itu, Ny. Herty Ahmad Safei usai acara penobatan Bunda PAUD Kolaka itu mengatakan, tugas dan tanggung jawab sebagai bunda PAUD di daerah ini sangatlah besar, sehingga membutuhkan peran semua komponen masyarakat.

"Meskipun demikian, semuanya dapat dilaksanakan dengan baik, apabila mendapat dukungan dari semua pihak, terutama Dinas Pendidikan Nasional Kolaka," katanya.

Untuk mensukseskan program PAUD ini, kata Herty, peran serta pemerintah dan dinas terkait sangat membantu dalam pembinaan PAUD untuk meningkatkan ketersediaan lembaga itu.

"Program PUAD sudah menjadi program nasional, oleh karena itu dalam rangka mensukseskan gerakan Paudnisasi nasional terpadu dengan target satu desa satu PAUD," kata Herty Ahmad Safei.

Dalam penobatan bunda PAUD itu selain dihadiri para pejabat serta tokoh masyarakat juga dihadiri ketua tim penggerak PKK se-Kabupaten Kolaka serta tenaga pendidik anak usia dini.

Pewarta : Oleh: Darwis Sarkani
Editor :
Copyright © ANTARA 2024