Kendari (Antara News) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Kendari menggelar buka puasa bersama dengan para wartawan di daerah itu.

Kepala BMKG Stasiun Kendari, Djoko Sumardiono, di Kendari, Jumat, mengatakan buka puasa bersama wartawan itu sebagai wujud dari kemitraan antara pers dan BMKG dalam menginformasikan prakiraan cuaca kepada masyarakat di daerah itu.

"Kegiatan buka puasa bersama wartawan ini diadakan untuk terus mempererat hubungan antara insan pers dengan kami, serta terkait dengan prakiraan cuaca dari BMKG saat pelaksanaan Idul Fitri 1435 H,"ujarnya.

Ia menambahkan sesuai dengan prakiraan cuaca yang dilakukan BMKG Satasiun kendari bahwa Kondisi cuaca pada tanggal 27 sampai 29 Juli umumnya cerah berawan.

Dengan potensi hujan ringan pada sore dan malam hari, Sedangkan tinggi gelombang perairan mencapai 1,5 sampai 3 meter yang diakibatkan oleh angin tenggara (Angin Ketimuran-red).

"Wilayah perairan yang perlu diwaspadai yaitu perairan Baubau, kepulauan wakatobi, perairan menui kendari, laut banda timur selatan teluk tolo dan kepulauan banggai,"ujarnya.

Ia menambahkan selain perairan tersebut ada juga wilayah perairan lain yang mesti diwaspadai karena tinggi gelombang dapat mencapai 2 hingga 3 meter yakni perairan kepulauan Sula, laut seram bagian barat, laut seram bagian timur, perairan selatan ambon, laut banda bagian utara, perairan kepulauan kai dan perairan kepulauan samata dan kepulauan leti.

Menurutnya kondisi ini dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pada kecepatan arah angin diwilayah tersebut.

"Kami akan terus memperbaharui informasi mengenai prakiraan cuaca ini, agar masyarakat dapat mengetahuinya, dan dapat memilih jalur mudik yang aman di rerairan,"ujarnya.

Pewarta : Oleh Laode Abdul Rahman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024