Kendari, (Antara News) - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Tenggara (Sultra), menggelar orientasi pengelolaan jaringan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) tahun 2014.
Kegiatan yang mengangkat tema "Melalui orientasi pengelola jaringan TIK, kita tingkatkan kualitas pengelolaan serta penyajian konten informasi dan data secara transparan dan akuntabel". Acara itu dibuka Ka Kanwil Kemenag Sultra, Rakhman, di Kendari, Selasa (29/4) malam, akan berlangsung selama tiga hari dari 29 April - 1 Mei 2014.
"Sistem informasi adalah tuntutan kebutuhan zaman saat ini yang mulai meninggalkan sistem manual menuju sistem teknologi dalam setiap urusan. Pertubuhan teknologi menuntut semua pihak untuk menguasainya," kata Rakhman.
Menurutnya, tuntutan untuk mengetahui perkembangan teknologi Informasi dan komunikasi tersebut karena kemungkinan kedepan tidak lagi gunakan surat manual, nanti pake e-mail dalam setiap urusan penyampaian informasi.
"Betapa pentingnya TIK ini sehingga apa yang dilakukan Kemenag bisa langsung diketahui masyarakat luas. Tuntutan masyarakat pada era saat ini ingin mengetahui apa yang dilakukan kemenag melalui informasi valid yang tidak menyesatkan. Sehingga pentingnya peningkatan kualitas sumber daya manusia pengelola informasi berbasis tehnologi," kata Rakhman.
Untuk itu katanya, pengelola informasi Kemenag harus mampu memberikan suguhan atau informasi yang dapat dipercaya oleh masyarakat sehingga bisa mengangkat citra lembaga.
Ketua Panitia, Syaefudin Mustaming, mengatakan maksud dari kegiatan ini untuk memberikan bekal bagi staf dan pengelola TIK setiap satker karena mereka dituntut miliki SDM memadai.
"Tujuan kegiatan ini, terciptanya layanan pengelolaan informasi yang akuntabel, agar bisa berikan yang terbaik dari kontens informasi dan update," katanya.
Disebutkan, kegiatan itu diikuti sebanyak 145 peserta yang terdiri perwakilan Kanwil Kemenag Sultra, STAIN Kendari, Kantor kemenag kabupaten kota, MAN kabupaten/kota, MTsN kabupaten kota dan MIN kabupaten/kota.

Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024