Kendari (Antara News) - Sebanyak 85 unit kapal telah mendaftar dan siap mengikuti parade kapal hias serangkaian peringatan HUT emas ke-50 Sulawesi Tenggara.

Ketua Panitia Parade Kapal Hias yang juga Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sultra, Askabul Kijo di Kendari, Jumat, mengatakan panitia masih membuka kesempatan bagi mereka yang ingin mengikuti parade kapal hias.

"Panitia yakin pendaftar masih bertambah dari 85 unit kapal karena animo masyarakat cukup tinggi. Panitia tidak memungut uang pendaftaran," kata Askabul.

Peserta yang sudah mendaftar adalah wakil dari kabupaten/kota se-Sultra, satuan kerja perangkat daerah (SKPD), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan pengusaha perikanan setempat.

Panitia menyiapkan hadiah bagi peserta yang meraih juara pertama sebesar Rp10 juta, juara kedua Rp7,5 juta dan juara ketiga Rp5 juta.

Selain hadiah uang tunai juga panitia menyediakan 20 paket hadiah hiburan dan satu unit sepeda motor.

Rute parade kapal hias yang akan berlangsung di teluk Kendari adalah bertolak dari Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS), pelabuhan Nusantara Kendari, pelabuhan kapal TNI Angkatan Laut dan finish di pantai hiburan Kendari.

"Panitia melibatkan polisi air dan udara Polda Sultra, Badan SAR Nasional dan TNI Angkatan Laut untuk keamanan dan keselamatan kegiatan tersebut," kata Askabul yang juga Kadis Perikanan Sultra.

Selain parade kapal hias, kata dia, panitia HUT Sultra telah menggelar pawai kendaraan hias di Kota Kendari.

Pewarta : Oleh: Sarjono
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024