Kendari,  (Antara News) - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sulawesi Tenggara menyediakan bantuan empat unit kapal tangkap ikan untuk empat kelompok nelayan di daerah itu.

"Satu unit kapal tangkap ikan yang akan diberikan kepada kelompok nelayan itu senilai Rp1,5 miliar," kata Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Sultra, Askabul Kijo di Kendari, Selasa.

Menurut dia, dana pengadaan empat unit kapal tangkap ikan yang akan diberikan kepada kelompok nelayan tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2014 Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Kelompok nelayan yang akan mendapatkan bantuan tersebut kata dia, akan diseleksi dari kelompok nelayan yang tersebar di 12 kabupaten dan dua kota.

"Kelompok nelayan dari kabupaten atau daerah kota mana yang akan mendapatkan bantuan itu, sepenuhnya akan ditentukan panitia seleksi pemberian bantuan," katanya.

Tentu ujarnya, panitia seleksi lebih dahulu menentukan syarat-syarat kelompok nelayan yang akan berhak mendapat bantuan kapal tangkap ikan itu.

"Kami akan meminta Dinas Perikanan Kabupaten dan Kota untuk mengusulkan kelompok nelayan yang ada di kabupaten dan kota masing-masing. Dari semua usulan yang masuk, panitia akan memilih empat kelompok nelayan," katanya.

Selain memenuhi syarat yang ditentukan oleh panitia seleksi, kelompok nelayan penerima bantuan juga harus mereka yang belum pernah mendapat bantuan dari Dinas Perikanan dan Kelautan Sultra.

"Kita harapkan pendapatan kelompok nelayan yang mendapatkan bantuan kapal tangkap ikan itu bisa bertambang dan kesejahteraan keluarga mereka bisa bertambah," katanya.

Pewarta : Agus
Editor :
Copyright © ANTARA 2024