Kendari,  (Antara News) - DPP Partai Demokrat memfasilitasi warga yang akan mudik lebaran Idul Fitri 1434 Hijiriah dari Jakarta tujuan Sulawesi secara gratis.

Koordinator mudik gratis Partai Demokrat wilayah Sulawesi Umar Arsal di Kendari, Sabtu, mengatakan pemudik gratis akan menumpang KM Tidar milik perusahaan negara PT Pelni dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.

"KM Tidar yang melayani pemudik gratis lebaran Idul Fitri akan berlayar dari Tanjung Priok Jakarta tanggal 29 Juli 2013 tujuan Pelabuhan Makassar (Sulsel) dan Kota Bau Bau (Sultra)," kata Umar Arsal Anggota DPR RI dari Dapil Sultra.

Khusus warga Sultra yang ada di Jakarta tersedia 200 tiket gratis sedangkan 300 tiket lainnya diperuntukkan bagi pemudik tujuan Sulsel dan Sulawesi Barat (Sulbar).

"Bagi keluarga asal Sultra yang berdomisili di Jakarta dapat memanfaatkan mudik gratis Partai Demokrat untuk menikmati lebaran bersama keluarga di kampung halaman," kata Umar Arsal.

Program mudik gratis Partai Demokrat sudah berlangsung sejak beberapa tahun lalu, khususnya pada wilayah Jawa dan Sumatera.

Sedangkan, wilayah Sulawesi baru lebaran Idul Fitri tahun ini karena kepadatan mudik pada bagian timur Indonesia cukup signifikan, katanya.

Umar memprediksi tidak akan ada warga yang gagal mudik lebaran karena pemerintah bersama pengusaha jasa transportasi sudah mengantisipasi dengan beberapa skenario.

"Sarana transportasi udara, laut dan darat sudah dipersiapkan mengacu pada pengalaman mudik beberapa tahun lalu. Penambahan jam penerbangan pesawat udara salah satu antisipasi lonjakan mudik," katanya.

Pewarta : Agus
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024