Kendari,  (ANTARA News) - Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), H M Saleh Lasata, melantik dua pejabat eselon dua dilingkungan pemerintah provinsi, di Kendari, Senin.

Ke dua pejabat eselon dua tersebut masing-masing, H Makmun Supriatna menjadi Kadis Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Sultra menggantikan pejabat lama, Dody P Djalante yang meninggal dunia sejak Oktober 2012 dan H Tony Herbiansyah menjadi Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menganggitan pejabat lama, Mesak Tanan yang memasuki pensiun.

Kadis PU yang baru, Makmun Supriatna mantan Kadis PU Kabaupaten Konawe Selatan sedangkan Tony Herbiansah sebelumnya mantan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sultra namun mengundurkan diri dari jabatannya beberapa bulan lalu karena ikut mencalonkan diri sebagai Wali Kota Kendari periode 2012-2017.

Wagub Sultra, HM Saleh Lasata mengatakan, pelantikan pejabat dilingkungan pemerintah provinsi, baik itu eselon II, III dan IV adalah hal biasa dalam organisasi pemerintahan.

"Pelantikan pejabat hari ini adalah hal biasa, bukan luar biasa. Apalagi pejabat yang diganti itu sudah tidak ada (meninggal dunia-red) dan satunya lagi sudah memasuki masa pensiun," kata Saleh Lasata.

Menurut wagub, mantan pejabat yang kini sudah memasuki masa pensiun adalah mereka yang dianggap sudah berhasil dan selamat memasuki fase pertama dibirokrasi, karena sudah menyelesaikan tugasnya sebagai abdi negara dan masyarakat.

Oleh karena itu, bagi pejabat yang pernah menduduki jabatan, dan kemudian diganti dari jabatannya tidak perlu dimaknai yang macam-macam, sebab merupakan hal biasa dalam pembinaan karier seorang pegawai negeri sipil.

"Memang ada juga pejabat saat memasuki masa pensiun, masih saja ingin tetap mempertahankan jabatannya dengan berharap agar masa pensiunannya itu bisa diperpanjang lagi," katanya namun tidak menyebut pejabat yang bersangkutan.

Oleh karena itu, kata wagub yang sedikit lagi akan dilantik menjadi wagub sultra pada tanggal 18 Februari 2012, atau periode kedua mendampingi kembali Gubernur Sultra terpilih, H Nur Alam, berharap agar dua pejabat baru tersebut bisa melaksanakan tugas dengan baik.

"Saya yakin dengan pengalaman yang sudah pernah dilalui selama duduk dibirokrasi, tugas baru yang diemban dua pejabat baru ini tidaklah mengalami kendala," ujarnya.
 
Hadir saat pelantikan dua pejabat eselon dua diantaranya Sekda Provinsi, H Zainal Abidin,  mewakil Kapolda Sultra, serta para kepala SKPD Provinsi dan pejabat eselon III dan non struktural dilingkungan pemprov.(Ant).

Pewarta : Azis Senong
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024