Presiden Joko Widodo sumbang sapi Simental untuk kurban di Sultra

id sapi

Presiden Joko Widodo sumbang sapi Simental untuk kurban di Sultra

Salah satu jenis sapi simental yang kini dikembangkan peternak di Kecamatan Konda, kabupaten Konawe Selatan (Konsel). (Foto ANTARA/Azis Senong)

Kendari (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyumbang satu ekor sapi jenis Simental sebagai hewan kurban, yang akan di potong di saat pelaksanaan hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah bagi masyarakat di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setprov Sultra H.Beangga Harianto di Kendari, Senin mengatakan untuk sapi kurban dari Presiden telah disiapkan dan sapi tersebut masih dalam perawatan karena sapi tersebut harus benar – benar sehat, sebelum nantinya di sembelih untuk di jadikan hewan kurban.

Menurut Beangga Harianto sapi kurban dari Presiden untuk Sultra tersebut telah sesuai dengan standar dan berat sapi yang di telah ditentukan oleh pihak Istana Kepresidenan ke Pemprov Sulawesi Tenggara.

"Jadi untuk sapi tersebut sudah disiapkan karena itu harus betul betul steril mulai dari beratnya sampai kesehatanannya termasuk pemotongannya harus terjaga," tutur Beangga Harianto.

Sementara itu Plt.Kadis Tanaman Pangan dan Peternakan Sultra Ari Sismanto menjelaskan sapi kurban dari Presiden Jokowi yang telah di siapkan berjenis Simental dengan bobot 900 kilogram lebih saat ini berada di Kecamatan Konda Kabupaten Konawe Selatan dan rencananya penyembelihannya akan di lakukan di Masjid Raya Al Kautsar Kota Kendari.

Lebih lanjut mantan Kadis pertanian Konsel itu untuk kondisi kesehatan sapi kurban dari presiden saat ini masih dalam pantauan pihaknya dan rencananya sapi itu akan diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Sultra Ali Mazi ke pihak pengurus Masjid Al Kautsar.

Ari Sismanto menambahkan kesiapan sapi yang akan dijadikan hewan kurban pada tahun ini sebanyak 33 ribu ekor atau masih sangat mencukupi kebutuhan hewan kurban di Sultra.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar