Kendari (ANTARA) - Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), mendapat kepercayaan menjadi tuan rumah pelaksanaan Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo ke-15 tahun 2024.

Rektor UHO Kendari, Prof Muhammad Zamrun Firihu, di Kendari, Rabu, mengatakan kegiatan itu bertujuan untuk wadah menampilkan produk kreativitas dan inovasi mahasiswa dari seluruh Indonesia.

"Kegiatan KMI Expo ini akan berlangsung selama tiga hari yakni 23-25 Oktober 2024 dan dihadiri sebanyak 287 Universitas di Indonesia," katanya.

Zamrun menjelaskan bahwa program mahasiswa wirausaha adalah cikal bakal bagaimana universitas di seluruh Indonesia, baik negeri maupun swasta tidak saja orientasinya menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), tetapi juga bisa menggali bakat lain dari mahasiswa, yaitu jiwa interpreneurship. Sehingga itu akan berguna pada saat mereka nanti lulus dari bangku perguruan tinggi


“Kalau untuk olahraga kan sudah ada pekan olahraga mahasiswa nasional, untuk yang jago akademiknya sudah ada pekan ilmiah mahasiswa nasional, untuk yang jago ngaji dan sebagainya, kita punya musabaqah mahasiswa nasional, kemudian untuk yang jago nyanyi dan seni kita punya bukan kreativitas seni mahasiswa nasional,” ujarnya.

Ia berharap bahwa melalui kegiatan ini bisa lebih menjamin dan mempererat silaturahmi diantara seluruh mahasiswa Indonesia.

“Terima kasih atas kehadirannya di Sultra, semoga kegiatan KMI Expo yang ke-15 tahun 2024 ini bisa berjalan dengan sukses, aman, dan bisa memberikan manfaat kepada kita semua, sehingga cita-cita kita untuk mencapai Indonesia emas di tahun 2045 bisa terlaksana,” tutur Zamrun.

Sementara itu, Ketua Panitia KMI Expo XV, Sarinah, mengatakan bahwa kegiatan Expo ini sebagai ajang silahturahmi nasional, di mana mahasiswa saling berkompetensi mengenalkan produk serta membangun jejaring.

"KMI Expo telah menjadi ajang yang telah dinantikan setiap tahun karena disini menjadi satu wahana kreatifitas, inovasi, serta semangat juang para wirausaha muda dari seluruh Indonesia," katanya.

Sarinah menyebutkan dalam pelaksanaan KMI Expo tersebut sebanyak 627 produk mahasiswa dan juga pihaknya menyediakan 400 stan untuk digunakan oleh seluruh peserta KMI Expo dari perwakilan perguruan tinggi.*



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: UHO Kendari jadi tuan rumah penyelenggara KMI Expo 2024

Pewarta : Andika/Ahimsa Krisna M
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024