Kendari (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Utara (Kolut) Yusmin menebar seratusan ribu benih ikan di beberapa empang yang terbengkalai di Kabupaten Kolaka Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Yusmin saat dihubungi di Kendari, Kamis, mengatakan bahwa penebaran benih ikan tersebut dalam rangka meningkatkan produksi perikanan lokal dan menciptakan kemandirian pangan di daerah.

"Program ini merupakan bagian dari inisiatif yang lebih besar untuk mengatasi masalah stunting dan memastikan ketersediaan pangan yang berkelanjutan bagi masyarakat setempat," katanya.

Dia menyebutkan bahwa dalam peluncuran penebaran benih ikan tersebut disiapkan sebanyak 105 ribu benih ikan yang terdiri dari ikan nila dan bandeng, yang akan tebar di lokasi yang strategis.

"Dalam peluncuran ini, sekitar 2.000 benih ikan akan disebar di dua lokasi strategis, yakni di sekitar bypass untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses dan mengelola hasil panen ikan," ujarnya.

Yusmin mengatakan program ini diharapkan dapat menjadi solusi bagi masyarakat yang mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan protein, terutama ikan.

Dia juga mengingatkan bahwa keberhasilan program ini sangat bergantung pada partisipasi aktif masyarakat. Harapannya, masyarakat dapat berkolaborasi dalam pemeliharaan benih ikan.

“Kita harus bersama-sama menjaga dan merawat benih yang kita tebar, agar nantinya bisa memberikan manfaat bagi kita semua,” ujarnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Taupik menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan langkah konkret untuk mengatasi masalah stunting yang menjadi perhatian serius pemerintah.

“Kami berharap dengan adanya program ini, masyarakat bisa lebih mandiri dalam memenuhi kebutuhan pangan mereka. Selain itu, kami juga akan terus memantau dan mengevaluasi program ini untuk melihat dampaknya terhadap gizi masyarakat,” ucapnya.

Dengan peluncuran program penebaran benih ikan ini, Pemkab Kolaka Utara menunjukkan komitmennya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pendekatan yang berkelanjutan.

"Melalui sektor perikanan pemerintah berharap dapat menciptakan lingkungan yang lebih baik dan sehat bagi seluruh warga Kolaka Utara," katanya.


Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024