Kendari (ANTARA) - Penjabat (Pj) Walikota Baubau, Sulawesi Tenggara, Muh Rasman Manafi mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu menjaga ketentraman dan kedamaian di wilayah itu menjelang pemilihan umum untuk kepala daerah yang sudah memasuki tahapan masa kampanye.

Menurut Rasman, di Baubau, Minggu, setiap lima tahun pemilukada dan legislatif selalu akan diselenggarakan, dan dimana-mana pemilihan walikota tensinya tinggi karena pilihannya tidak terlalu banyak, sementara pemilihan legislatif itu banyak pilihan dan biasanya tensinya tidak tinggi.

”Hari ini di Kota Baubau setidaknya sudah ada lima calon Walikota, sangat sedikit, sehingga karena pilihannya sedikit dan jumlah orang yang berkumpul dalam satu kelompok itu besar sehingga perbedaan pasti ada dan namanya perbedaan dalam jumlah besar selalu ada pergesekan, pasti ada beda pendapat," katanya.

Olehnya itu, ia mengimbau kepada semua untuk selalu menjaga keharmonisan, ketentraman negeri, karena apabila sekali ada pergesekan itu akan membuat ketidaknyamanan.

"Dan kalau ini setiap 5 tahun berlangsung maka negeri kita juga akan selalu memulai dari nol. Saya kira serahkan lah kepada penyelenggara, kalau kita sudah menyalurkan hak pilih serahkan ke penyelenggara untuk melaksanakan. Kita hidup normal, jaga silaturahim kembali. Saya mengimbau kepada kita semua untuk jaga itu,” tuturnya.

Rasman juga menambahkan bahwa siapapun pimpinan atau yang terpilih menjadi walikota pasti punya niat baik buat membangun negeri  ini.

"Tidak ada seorang pemimpin itu mau memundurkan wilayahnya. Setiap pemerintah itu pasti punya niat baik untuk membangun daerahnya sehingga kalau ada yang tidak tepat atau keliru atau ada yang belum disepakati agar dibicarakan dan sampaikan pada pimpinan," ujarnya.

Pewarta : Azis Senong/Yusran
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024