Kendari (ANTARA) - Akademi Komunitas Kelautan dan Perikanan (AKKP) Wakatobi menghadirkan praktisi di bidang industri pariwisata untuk berbagai ilmu dan pengalaman kepada para taruna dengan mengangkat kegiatan bertema "Praktisi Mengajar: Peluang dan Tantangan Industri Pariwisata Selam di Wakatobi".

Dalam kegiatan tersebut, AKKP juga menghadirkan Founder Waktobi Dive Trip Seto Ariyadi sebagai pembicara utama.

Kepala Sub Bagian Umum AKKP Wakatobi Ahmad Yasin di Wakatobi, Senin, menyampaikan apresiasinya kepada Founder Wakatobi Dive Trip atas kesediaannya untuk hadir berbagai ilmu dan pengalaman kepada taruna AKKP, khususnya kepada angkatan ke-8.

"Saya harap kemitraan yang telah terjalin antara AKKP Wakatobi dengan Wakatobi Dive Trip dapat terus berlanjut dan kegiatan serupa dapat dilaksanakan di mata kuliah lainnya," kata Ahmad Yasin.

Dalam kesempatan itu, Seto Ariyadi berbagi pengetahuan mengenai berbagai peluang dan tantangan yang dihadapi dalam industri pariwisata selam, khususnya di kawasan Wakatobi yang dikenal sebagai salah satu destinasi selam terkemuka dunia. Beliau menekankan pentingnya kemampuan membaca peluang dan tantangan dalam industri ini sebagai kunci sukses dalam berwirausaha.


 

Selain itu, Seto Ariyadi juga memberikan beberapa tips penting bagi para taruna yang bercita-cita untuk terjun ke dunia wirausaha, khususnya di sektor pariwisata. Beliau menggarisbawahi pentingnya pemanfaatan teknologi, rutinitas mengikuti event nasional maupun internasional, serta mengikuti tren dan keinginan pasar.

"Kreativitas, kemampuan membangun komunikasi yang baik dengan mitra, serta komitmen dalam menjaga kelestarian sumber daya lokal juga menjadi aspek yang tak kalah penting," ujar Seto Aryadi.

Ia juga menekankan perlunya melibatkan masyarakat sekitar dalam pengembangan industri pariwisata serta memastikan bahwa produk atau layanan yang ditawarkan memiliki keunikan tersendiri yang tidak dimiliki oleh industri lain. Pelayanan prima kepada wisatawan juga menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan dalam industri ini.

Kegiatan ini tidak hanya memberikan wawasan berharga bagi para taruna AKKP Wakatobi, tetapi juga menjadi bukti nyata dari pentingnya kolaborasi antara dunia pendidikan dan industri dalam mencetak generasi muda yang siap menghadapi tantangan di masa depan.

Dengan kegiatan ini, diharapkan para taruna AKKP Wakatobi dapat lebih termotivasi dan terinspirasi untuk mengembangkan potensi mereka dalam bidang pariwisata, serta terus memperkuat hubungan baik antara AKKP Wakatobi dengan para praktisi di industri pariwisata.


Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024