Kendari (ANTARA) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan pembagian 17.000 bendera Merah Putih kepada masyarakat dalam rangka menyambut dan memeriahkan HUT Ke-79 RI di daerah itu.

Kepala Dikbud Sultra Yusmin di Kendari, Jumat, mengatakan pembagian bendera itu juga sebagai wujud syukur atas kemerdekaan Indonesia yang sudah memasuki 79 tahun tersebut.

“Jadi kami siapkan 17.000 bendera yang akan disalurkan di 17 kabupaten dan kota se-Sultra,” kata dia.

Ia menjelaskan setiap kabupaten dan kota mendapatkan 1.000 bendera Merah Putih untuk dibagikan kepada masyarakat. Pembagian bendera kepada masyarakat melalui kerja sama  dengan pihak sekolah setempat atau melibatkan siswa SMA/SMK.

“Pembagiannya sendiri kita mulai hari ini tanggal 2 hingga 15 Agustus mendatang sudah harus terbagi semua benderanya ke masyarakat,” katanya.

Ia berharap, bendera yang telah dibagikan oleh para siswa di 17 kabupaten dan kota selanjutnya dikibarkan secara bersama-sama oleh masyarakat, guna menyemarakkan peringatan Hari Kemerdekaan RI tahun ini. Siswa SMA di Kota Kendari membagikan bendera Merah Putih kepada pengendara yang melintas di salah satu ruas jalan di daerah setempat, Jumat (2/8/2024). (ANTARA/Azis Senong)

Salah seorang siswa di daerah itu, Muhammad Ridho Ramadhan, mengaku antusias berpartisipasi dalam pembagian bendera Merah Putih itu kepada warga guna memeriahkan HUT Ke-79 RI di daerah setempat. 

“Meskipun harus berpanas-panasan di jalan tetapi kami sebagai siswa sangat senang sebab hal ini kami anggap sebagai salah satu cara mensyukuri kemerdekaan yang telah susah payah direbut oleh pahlawan-pahlawan yang telah gugur,” katanya.
 

Pewarta : Azis Senong/Andry Denisah
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024