Kendari (ANTARA) - Komitmen Bupati Kolaka Timur (Koltim) Abd Azis  untuk mencegah timbulnya penyakit polio di daerah ini, terus dilakukan hingga pelosok.

Keterangan dari Diskominfo Koltim, Senin,  mengatakan dua kecamatan terjauh daerah ini yang dikunjungi bupati, pada Jumat 12 Juli lalu, di Desa Lalombai Kecamatan Uluiowi dan Desa Porabua Kecamatan Ueesi, saat pelaksanaan sosialisasi Pelaksanaan PIN Polio serta pengobatan gratis lainnya.

Di dua tempat ini, bupati Koltim menyampaikan, komitmennya selaku pimpinan daerah ini untuk terus mencegah timbulnya kasus polio pada anak-anak. 

“Masalah polio ini sulit untuk di obati, sehingga dengan kegiatan sosialisasi imunisasi polio ini merupakan tindakan preventif pemerintah daerah dalam mencegah polio di Wonua Sorume ini,” ucap bupati disela-sela imunisasi polio di Lalolmbai dan Porabua.

Selain imunisasi polio, Kadis Kesehatan Koltim Ridwan Nasir mengungkapkan, juga dilakukan berbagai pelayanan kesehatan lainnya. Seperti di Lalombai dilaksanakan sunatan sebanyak 20 orang anak, penimbangan berat badan, pemeriksaan laboratoriun, gula darah dan pemeriksaan kolesterol serta tensi sebanyak 110 orang.

Lalu di desa Desa Porabua juga dilakukan pengobatan gratis sebanyak 95 orang dan sunatan 20 orang.

Di momen kunjungan kerja ini kata bupati, merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas layanan publik di wilayah Koltim. Sejumlah layanan yang diberikan mencakup pelayanan kesehatan, pelayanan akseptor KB, layanan administrasi kependudukan dan layanan publik lainnya, termasuk sosialisasi imunisasi polio tersebut.

Bupati Azis menyampaikan apresiasinya kepada seluruh tim yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan ini, yang juga dirangkaikan dengan acara penilaian lomba 10 program PKK  .

"Kunjungan kerja ini merupakan wujud komitmen kami untuk terus melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya. Kami berharap, melalui kegiatan ini, masyarakat Kecamatan Uluiwoi dan Ueesi dapat merasakan manfaat nyata dari kehadiran pemerintah di tengah-tengah mereka," ujar bupati. Bupati Koltim Abd Azis saat melakukan pelaksanaan sosialisasi PIN Polio serta pengobatan gratis di dua Desa. (Antara/HO-Diskominfo Koltim)

Ia juga mengungkapkan bahwa dalam kunker ini, dalam rangka untuk memastikan layanan publik yang diberikan kepada warga Uluiwoi dan Ueesi secara umum betul-betul terlaksana dengan baik terutama pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat.

Selain pemeriksaan kesehatan gratis, layanan KB, administrasi kependudukan kata Bupati, juga dilaksanakan sosialisasi imunisasi polio. Karena menurutnya, ini sangat penting bagi masyarakat untuk mengetahuinya.

“Saya berharap, dengan kunker ini yang dipusatkan di Desa Lalombai, Kecamatan Uluiwoi dan Desa Porabua, Kecamatan Ueesi dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat,” tambahnya. 

Pewarta : Azis Senong/Sahar
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024