Kendari (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melaksanakan jalan sehat yang di rangkaian dengan panggung pengawasan menuju Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.

Kegiatan yang diawali dengan jalan sehat kemudian dilanjutkan dengan talkshow pengawasan mengenai kesiapan Bawaslu dan partisipasi masyarakat menghadapi Pilkada serentak 2024 diikuti ribuan masyarakat setempat.

Ketua Bawaslu Sultra Iwan Rompo, di Kendari, Minggu, mengatakan salah satu program utama dari pengawasan yang dilakukan oleh Bawaslu adalah pengawasan partisipatif sehingga keterlibatan masyarakat adalah sesuatu yang penting dalam mewujudkan hal itu.

“Kita butuh partisipasi masyarakat dalam membantu tugas kita dan dengan acara seperti jalan sehat tentunya menjadi salah satu cara dalam mendekatkan Bawaslu dengan masyarakat,” kata Iwan Rompo.

Menurutnya, dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang melibatkan masyarakat seperti ini bisa membuat masyarakat bisa melihat apa saja tugas dan tanggung jawab Bawaslu sehingga partisipasi masyarakat menjadi bertambah.

“Seperti contoh tadi diperlihatkan tugas-tugas pengawas Pemilu mulai dari Tingkat bawah hingga Tingkat paling atas dan bagaimana melakukan pelaporan terhadap temuan yang di indikasi pelanggaran,” katanya.

Ia mengatakan kegiatan yang dilakukan Bawaslu ini bukanlah tahapan Pilkada tetapi murni menjadi salah satu strategi yang dilakukan Bawaslu untuk memancing semakin banyaknya partisipasi masyarakat dalam sama-sama mengawasi hal-hal yang terindikasi pelanggaran dalam tahapan Pilkada serentak yang sementara berjalan.

Ia berharap kepada masyarakat jangan hanya tinggal diam melihat pelanggaran-pelanggaran yang terjadi tetapi sebaliknya ikut berpartisipasi aktif dalam menelusuri bahkan melaporkan hal-hal tersebut.

“Dengan edukasi secara informal seperti ini kita harapkan semua bisa memahami bagaimana melakukan pengawasan,” tambahnya.

Pewarta : Azis Senong/Andry Denisah
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024