Kendari (ANTARA) -
Untuk mengatasi terjadinya pendangkalan sungai yang terletak di Lorong Produksi Kelurahan Ladongi Jaya Kecamatan Ladongi, Bupati Koltim Abd Azis  memerintahkan untuk dikeruk.

Dinas PUPR Koltim pada, Rabu (12/6) lakukan pengerukan sungai tersebut dengan menurunkan sejumlah alat berat, guna mengatasi pendangkalan akibat luapan air banjir yang terjadi, yang  juga sebagai salah satu upaya pemeliharaan sungai atau bendungan. 

Lurah Ladongi Jaya Mukhtar Tidjang menjelaskan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menjaga fungsi sungai atau bendungan, sebagai saluran air yang aman dan optimal. 

”Dan Alhamdulillah, Pemda Kolaka Timur dalam hal ini bapak bupati, segera mengarahkan UPT Workshop PU Koltim dan Pemerintah Wilayah Kecamatan Ladongi serta Kelurahan Ladongi, dibantu oleh penduduk setempat seperti Gapoktan, Poktan dan P3A, bekerja sama dalam melaksanakan kegiatan pengerukan di sungai atau bendungan yang berada di lorong Produksi ini, dimana dekat Sanggar Tani Kelurahan Ladongi Jaya,” ucapnya disela-sela pengerukan ini. 

Lanjut Muhtar, kolaborasi antara berbagai pihak ini, memastikan bahwa dalam menghadapi musim tanam kedua tahun ini, dapat dilaksanakan dengan baik dan optimal.

”Dengan dilaksanakannya kegiatan pengerukan ini, diharapkan sungai atau bendungan di daerah irigasi, dapat berfungsi dengan optimal sebagai saluran air yang aman dan berfungsi dengan baik, dalam menghadapi musim tanam nanti,” ucapnya optimis.

Pewarta : Azis Senong/Sahar
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024