Kendari (ANTARA) - Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara  (Sultra) bersama tim Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) melakukan peninjauan secara langsung pengawasan jaminan produk daging hasil sembelihan di beberapa pasar modern di Kota Kendari. 

Kakanwil Kemenag Sultra, H.Muhamad Saleh, Sabtu bersama Pengawas Jaminan Produk Halal BPJPH Kemenag RI, Adhe Marmita dan Satgas BPJPH Perwakilan Sultra melakukan pengawasan produk di Kota Kendari dengan sasaran daging hasil sembelihan yang ditawarkan di pasar-pasar modern Kendari.

"Jadi kegiatan sosialisasi ini sebagai tindak lanjut untuk mensosialisasikan Wajib Halal Oktober (WHO) tahun 2024 di seluruh pasar-pasar modern di kota ini," kata Saleh.

Dijelaskan Muhamad Saleh, kehadirannya bersama tim BPJPH dalam rangka meninjau langsung produk makanan maupun minuman dan terlebih khusus produk daging hasil sembelihan yang dijajakan pasar modern di Kendari sekaligus mensosialisasikan program wajib halal Oktober 2024. 

Pengawasan dan sertifikasi produk halal ini menjadi penting tidak hanya kepada masyarakat sebagai konsumen namun juga sangat penting bagi pemilik usaha untuk memberikan kepastian bahwa produk yang dijual sudah memenuhi sertifikasi halal oleh pemerintah. 

Selain itu, lanjutnya sertifikasi halal dapat meningkatkan kepercayaan konsumen dengan adanya label halal pada kemasan produk. 

Dengan adanya kepercayaan konsumen distribusi produk yang dipasarkan dapat diperluas baik di tingkat nasional maupun kancah global. 

"Dan juga halal sebagai brand yang memiliki nilai tambah karena terjamin proses produksi sehingga memiliki nilai tambah sebuah produk, " pungkasnya. 

Sementara itu, Anggun salah seorang pengunjung salah satu pusat perbelanjaan di Kendari menyampaikan bahwa sosialisasi dan pengawasan dari Satgas Halal ini membuat kepercayaan publik semakin meningkat khususnya produk makanan dan minuman yang ada di pasar modern. 
 
"Dengan adanya pengawasan ini, kami merasa aman mengkonsumsi produk yang dijual di pasar modern ini," katanya.

 

Pewarta : Azis Senong
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024