Kendari (ANTARA) - Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara (Dit Polairud) Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) mengajak instansi unsur maritim untuk bersama-sama dalam melakukan pengamanan arus mudik lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah (H)/Masehi (M).

Direktur Polairud Polda Sultra Kombes Pol Faisal Florentinus Napitupulu saat ditemui di Kendari, Kamis, mengatakan bahwa pihaknya telah melaksanakan rapat koordinasi lintas sektoral untuk memastikan kesiapan pengamanan arus mudik lebaran 2024.

"Sekaligus juga dengan pengamanan di tempat-tempat wisata yang diprediksi akan mengalami peningkatan di setiap tempat wisata," kata Faisal.

Dia menyebutkan bahwa saat rapat koordinasi tersebut, pihaknya juga memberikan paparan mengenai langkah-langkah pengamanan yang akan diambil selama periode arus mudik dan balik lebaran  ini.

"Paparan dari PT. Jasa Raharja juga turut disampaikan untuk memberikan gambaran tentang upaya pengamanan dari segi perlindungan asuransi," ujarnya.

Direktur Polairud Polda Sultra Kombes Pol Faisal Florentinus Napitupulu (tengah). (Antara/La Ode Muh Deden Saputra)

Faisal menyampaikan bahwa begitu juga paparan dari PT Pelni dan PT Dharma Indah juga menjadi sorotan dalam rapat koordinasi. Mereka membahas tentang strategi pengamanan terhadap arus penumpang kapal laut yang diperkirakan meningkat saat musim mudik dan arus balik.

"Rapat koordinasi ini menjadi langkah awal dalam menyusun strategi pengamanan yang solid dan terpadu untuk mengantisipasi potensi gangguan keamanan selama arus mudik dan balik Lebaran Idul Fitri nanti," jelas Faisal.

Ia berharap dengan sinergi antara instansi unsur maritim yang kuat, arus mudik dan balik lebaran, serta kunjungan wisata dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Diketahui, rapat koordinasi bersama instansi unsur maritim tersebut dihadiri oleh Dir Polairud Polda Sultra Kombes Pol Faisal Florentinus Napitupulu, Kasubdit Gakkum Dit Polairud, perwakilan Danlanal Kendari, Jasa Raharja, serta para Kasat Polair Polres Jajaran. Turut hadir pula perwakilan dari Dinas Pariwisata dan PT. Pelni.


Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024