Kendari (ANTARA) - Bakal Calon Bupati Muna Barat (Mubar), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) La Ode Darwin mengupayakan agar pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) November 2024 mendatang melawan kotak kosong.

Menurut Darwin dalam rangka mencapai target tersebut pihaknya saat ini sudah menjalin komunikasi politik dengan delapan partai politik yang memperoleh kursi pada Pemilu 2024 lalu. 

"Semua parpol yang punya kursi  di DPRD Mubar sudah komunikasi dan semua responnya sangat positif. Mulai dari pengurus kabupaten, provinsi hingga pengurus pusat. Untuk pengurus kabupaten dan provinsi sudah mengiyakan tinggal pengurus pusat yang belum. DPP kan pada prinsipnya bahwa mengeluarkan surat rekomendasi untuk digunakan sebagai syarat pendaftaran di KPU. Tinggal  finishing saja sebenarnya," ungkap Darwin, di Laworo, Mubar, Senin.

Dia mengatakan atas dukungan semua parpol itu pihaknya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya. 

"Dan Insya Allah melawan kotak kosong saya juga lebih bersyukur. Potensi lawan kotak kosong kita menunggu proses. Yang jelas kalau itu juga mengarah peti kosong saya rasa tidak ada masalah. Prosesnya akan tetap berjalan," ucapnya. 

Ia menjelaskan delapan   parpol yang telah dilakukan komunikasi tersebut adalah Partai Golkar, Demokrat, PKB, PPP, Gerindra, PBB, PDIP dan NasDem.
  La Ode Darwin (berdiri) bakal calon Bupati Muna Barat pada suatu acara di Mubar. (Antara/La Ode Biku)

"Jadi tadi malam rapat dengan tujuh pimpinan parpol Mubar. Alhamdulillah responnya cukup positif semua. Tinggal menunggu wakil saya untuk mengusulkan rekomendasi ke DPP. PDI-P juga prosesnya ya tetap menjalin komunikasi politik dengan mereka segala sesuatunya ya kita menunggu restu dari DPP saja. Tingkat kabupaten dan provinsi sudah selesai semua," tuturnya.

Untuk menentukan wakil yang mendampinginya akan melihat hasil survei yang telah dipercayakan kepada lembaga survei.

Jumlah nominasi wakil ada delapan orang yang terdiri dari unsur birokrasi dan politisi. Dan paling lambat bulan Juli nanti nama wakil sudah disampaikan di publik.

"Wakil ini saya masih melakukan pemetaan oleh konsultan politik pendamping saya. Nominasinya itu ada tujuh sampai delapan orang. Yang jelas wakil itu segala sesuatunya tergantung hasil pemetaan konsultan politik di lapangan. Mana yang tinggi surveinya kemudian cocok berpasangan dengan saya itulah yang kita ambil," tegasnya.

Darwin berharap perhelatan politik di Mubar dapat berlangsung aman, tenang dan lancar.

"Yang penting juga berjalan dinamis dan tidak merugikan masyarakat," tambahnya.

Pewarta : Azis Senong/La Ode Biku
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024