Kendari (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat (Mubar), Provinsi Sulawesi Tenggara La Ode Butolo secara resmi melaunching program safari pelayanan sampai kampung atau Sapa Kampung tahun 2024.

Bupati Butolo mengatakan guna memaksimalkan program Sapa Kampung ini pihaknya akan mengupayakan pengadaan mobil keliling pada tahun 2024 ini.

"Pengadaan mobil keliling untuk program Sapa Kampung itu dianggarkan melalui dana sisa lebih perhitungan anggaran (SiLPA). Dan itu tidak bisa mendanai pembelian mobil keliling tahun ini dan diupayakan pada APBD Perubahan," ujar Butolo di Laworo, Mubar, Kamis.

Ia menegaskan ihwal pengadaan mobil keliling tersebut akan menjadi atensi utama.

"Nanti di APBD - P baru kita bicarakan. Insya Allah saya akan tetap kawal karena untuk kepentingan masyarakat Mubar," ungkapnya .

Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu (DPMPTSP) Mubar Masrul mengutarakan kegiatan utama program Sapa Kampung adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat pelaku usaha yang hendak menerbitkan nomor induk berusaha (NIB). 

"Pada launching hari ini masyarakat yang kita kunjungi adalah pelaku usaha di Desa Latawe, Kecamatan Napano Kusambi. Di desa ini masyarakat belum memiliki NIB  kami layani dengan dua persyaratan yakni memiliki e-KTP dan email," terang Masrul.

Bila dua syarat itu sudah dipenuhi maka dalam kurun waktu 15 menit NIB masyarakat sudah bisa diterbitkan. 

Menurutnya, kelancaran pelayanan penerbitan ini juga ditunjang jaringan internet yang bagus. 

"Alhamdulillah dari tadi pagi sudah melakukan pelayanan NIB dan sudah terbit beberapa NIB masyarakat yang bermohon dan kami minta kesediaan pak bupati supaya secara simbolis menyerahkan NIB yang sudah dibuatkan ini kepada masyarakat yang mendapatkan NIB," sambungnya.

Pewarta : Azis Senong/La Ode Biku
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024