Kendari (ANTARA) -

 

Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Kendari, Sulawesi Tenggara menggelar bimbingan manasik bagi jamaah calon haji tingkat Kota Kendari Tahun 1445 H / 2024 M dengan tema ‘Haji berkeadilan dan ramah lansia'.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Kendari Muhammad Lalan Jaya, di Kendari, Selasa, mengatakan sebelum kegiatan manasik tingkat kota ini dilaksanakan jamaah calon haji Kota Kendari telah mengikuti manasik mandiri sebanyak 12 kali pertemuan yang dilaksanakan di Masjid Agung Al – Kautsar serta dua kali pertemuan yang dilakukan Baznaz Kota Kendari.

“Jamaah calon haji asal Kota Kendari tahun ini berjumlah 426 orang 20,10 persen dari keseluruhan jamaah calon haji Provinsi Sultra yang berjumlah 2116 orang jamaah,” kata Muhammad Lalan.

Ia mengatakan manasik haji tingkat Kota Kendari ini akan dilaksanakan sebanyak sepuluh kali sesuai dengan petunjuk teknis yang ada.

“Jadi rinciannya ada 2 kali manasik masal yang akan digelar oleh Kemenag Kota Kendari yaitu pertama pada hari ini kemudian untuk yang kedua pada 20 April yang akan datang setelah Idul Idul Fitri,” katanya.

Dan untuk 8 kali penyelenggaraan manasik lainnya, lanjutnya, akan dilakukan untuk tingkat kelompok di masing – masing atau tingkat Kecamatan.

Selain itu untuk pemantapan regu dan rombongan akan dilaksanakan pada tanggal 5 Mei 2024.

Ia menambahkan, dari total 426 orang jamaah calon haji Kota Kendari terbagi lagi menjadi dua yaitu jamaah laki – laki sebanyak 146 orang dan jamaah perempuan 282 orang.

"Untuk pemberangkatan jamaah calon haji Kota Kendari tahun 1445 H ini, lanjutnya, jamaah tertua yang berasal dari Kota Kendari Bernama Indo Rahma berusia 98 tahun sedangkan untuk jamaah termuda atas nama Suryani 20 Tahun,” tambahnya.


Pewarta : Azis Senong/Andry Denisah
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024