Baubau (ANTARA) - Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Cabang Baubau, Sulawesi Tenggara, meminta masyarakat tidak panik mengenai kondisi beras karena saat ini ketersediaan kebutuhan beras masih aman hingga menjelang bulan suci Ramadhan sampai Lebaran Idul Fitri 2024.

"Mengenai beras masyarakat tidak usah panik dan khawatir karena stok beras yang ada di Bulog insya Allah masih aman sampai Ramadhan hingga Lebaran Idul Fitri 2024 nanti," kata Pemimpin Cabang Bulog Baubau, Muh Akbar Said, di Baubau, Rabu.

Ia mengatakan, kondisi stok beras yang dikuasai Bulog saat ini masih kurang lebih 450 ton, pun itu di luar untuk kebutuhan bansos (bantuan sosial).

"Kalau sekarang posisi stok kita insya Allah masih aman sampai di bulan Juni 2024, stok CBP (cadangan beras pemerintah) kita masih aman," ujarnya lagi.

Dikatakan bahwa kondisi ketersediaan beras masih aman untuk memenuhi kebutuhan daerah itu dan sekitarnya.

Selain beras, lanjut Akbar, kebutuhan minyak goreng juga yang kemasan satu liter masih tersedia kurang lebih 21 ribu, bahkan untuk kemasan yang bantal pun masih ada sekitar 4.000 liter.

Begitu pula, kata dia, stok gula pasir di gudang Bulog saat ini masih ada sebanyak 57 ton untuk yang Kebon Agung dan yang merek Manis kita masih ada sebanyak 564 kilogram.

"Jadi selain beras Bulog juga masih mempunyai stok minyak goreng dan gula pasir untuk kebutuhan pasar murah nanti jelang bulan suci Ramadhan," katanya.

Oleh karena itu, ia mengimbau masyarakat harus bijak dalam berbelanja dengan tidak perlu panik sehingga harus memborong beras di pasaran, karena jika ingin beras murah ia menyampaikan silahkan ke Bulog.

Pewarta : Yusran
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024