Kendari (ANTARA) - Pemerintah Daerah Muna Barat (Mubar), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra)  menyebutkan  pada tahun 2024 ini mengadakan empat unit bagang apung untuk kelompok nelayan di daerah itu.

Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Mubar Memy Willystiani di Laworo, Kamis  mengatakan untuk pengadaan empat unit bagang itu pihaknya menyediakan anggaran sebesar Rp407 juta.

"Dana yang kita siapkan untuk pembelian bagang apung Rp407 juta," sebutnya.

Memy menjelaskan dalam rangka program tersebut saat ini sedang dilakukan verifikasi. Verifikasi ini bertujuan untuk memastikan kelayakan penerima manfaat.

"Jadi verifikasinya mengenai calon penerima. Kemudian sertifikasi barang yang dibutuhkan seperti apa termasuk juga alamat domisili yang sesuai e-KTP," katanya.

Kata dia, sesuai rencana pengadaan bagang apung ini akan diberikan kepada nelayan yang ada di Desa Tanjung Pinang dan Desa Lakawoghe, Kecamatan Kusambi.

"Dua bagang apung itu akan diperuntukkan di Desa Tanjung Pinang dan dua lainnya di Desa Lakawoghe," tuturnya.

Menurutnya, program pengadaan empat bagang itu merupakan permintaan masyarakat. Program ini juga dalam upaya meningkatkan kinerja DKP terhadap produksi perikanan.

"Kita berharap dengan pengadaan bagang ini hasil tangkapan ikan nelayan meningkat. Kalau hasil tangkapan ikan meningkat kita harapkan juga kesejahteraan nelayan semakin baik," ungkapnya.


Pewarta : Azis Senong/La Ode Biku
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024