Kolaka (ANTARA) - Kepolisian Resor Kolaka, Polda Sulawesi Tenggara siagakan 344 personil guna mengamankan jalannya pemungutan serta perhitungan suara Pemilu yang akan di gelar 14 Februari 2024 mendatang.

Kapolres Kolaka AKBP Moh.Yosa Hadi saat memimpin apel gelar pasukan itu mengatakan pelaksanaan pemungutan suara tersisa satu hari lagi dan distribusi kotak suara sudah dilakukan oleh penyelenggara yakni KPU   

pergeseran pasukan sebagai tenaga pengamanan di TPS kata dia untuk melindungi berbagai aspek termasuk pengawasan terhadap sarana dan prasarana yang digunakan dalam pelaksanaan Pemilu tahun 2024 dan Polres berkomitmen memberikan perlindungan kepada masyarakat yang menggunakan hak pilihnya.

" Polres Kolaka telah melakukan persiapan dengan matang dan selalu siap dalam menjaga situasi tetap aman dan kondusif,” katanya.Selain itu petugas kepolisian dari Polres Kolaka juga melibatkan satuan Brigade Mobil Sulawesi Tenggara sebanyak satu peleton serta anggota kepolisian dari Polda.


Dalam Pemilu 2024 lanjut Kapolres berharapkan pergeseran pasukan dalam mengamankan TPS bisa berjalan dengan aman dan lancar serta tertib dan peran sebagai petugas keamanan yang akan mengawal tahapan demi tahanan pelaksanaan pemungutan suara.

Begitu juga dengan anggota kepolisian yang BKO untuk bisa memberikan kontribusi dalam menjaga keamanan sekaligus penguatan kepada satuan dari Polres Kolaka dimana jumlah TPS yang banyak serta personil yang kurang.

" kenali karakteristik wilayah dimana nantinya akan di tempatkan," ungkap Yosa Hadi.

Yosa juga mengingatkan kepada seluruh personil agar melaksanakan tugas-tugas dengan optimal serta bangun kepercayaan masyarakat terhadap kepolisian sehingga semua dilakukan dengan aman,tertib serta masyarakat dapat berpartisipasi dan menjaga ketenangan serta kedamaian selama proses pesta demokrasi.

Untuk di ketahui jumlah tempat pemungutan suara di Kabupaten Kolaka sebanyak 705 TPS sementara jumlah wajib pilih yang terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) Kolaka berkisar kurang lebih 175.000 jiwa.

 

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024