KENDARI (ANTARA) - Amal Center Indonesia menghadirkan ATM sembako murah di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) sebagai bentuk kepedulian dan kemudahan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sembako.

Pendiri Amal Center Indonesia Amaluddin di Kendari, Minggu, mengatakan bahwa melalui ATM sembako murah tersebut, masayrakat dapat melakukan pembelian kebutuhan sembako, seperti beras, terigu, dan minyak goreng dengan harga murah, mulai dari Rp2 ribu.

"Amal Center Indonesia bahkan memberikan tagline pada program ini dengan Rp10 ribu sudah bisa hidup," kata Amaluddin.

Dia menyebutkan bahwa dengan kehadiran ATM Sembako Murah di Bumi Anoa ini untuk menjawab tantangan yang dihadapi masyarakat saat ini, yakni inflasi dan stunting. 

"Sebagai langkah awal dari program ini kami hadirkan sebanyak 500 unit ATM Sembako Murah se- Sultra untuk melayani kebutuhan sembako masyarakat di Sultra ini," ungkap Amaluddin.

Dia menyampaikan bahwa ada empat item yang tersedia pada ATM Sembako ini yaitu beras, minyak goreng, gula, dan terigu. Semua paket itu bisa langsung dibeli atau didapatkan masyarakat. Bahkan dengan modal Rp10 ribu masyarakat yang memiliki kartu ATM Sembako sudah bisa hidup. 

"Insya Allah dengan tagline kita 'dengan Rp10 ribu masyarakat sudah bisa hidup'. Harapan kita dengan hadirnya ATM ini tidak ada lagi masyarakat kita yang lapar, tidak ada lagi masyarakat yang susah, karena kalau ada masyarakat yang lapar akan menimbulkan hal-hal yang negatif bagi kita dan masyarakat kita, dan Insya Allah kami hadir untuk memberikan jawaban itu," terangnya. 

Amaluddin mengungkapkan bahwa bagi masyarakat yang ingin mendapatkan akses ke ATM Sembako Murah ini akan diberikan kartu akses secara gratis. Dan bagi masyarakat yang ingin mendapatkan bisa langsung mendatangi sekretariat Amal Center Indonesia di Kelurahan Mandonga persisnya di dekat Bundaran Mandonga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. 

Kartu ATM Sembako itu dapat dilakukan pengisian saldo melalui ATM semua perbankan. Jika sewaktu-waktu sudah mengalami kekosongan saldo. 

"Dengan kartu ATM itu kita bisa beli beras, bisa beli minyak goreng, dan bisa beli gula, dengan uang sebesar Rp10 ribu saja sudah bisa dapat sembako. Jika dibandingkan dengan harga di pasar atau di toko-toko lain mungkin dengan uang Rp10 ribu belum tentu bisa beli beras, malu juga kalau masyarakat hanya beli Rp2 ribu atau Rp3 ribu rupiah di pasar, tapi dengan ASM atau ATM Sembako ini, bisa memberikan solusinya," jelas Amaluddin. 

Sementara itu, Direktur Amal Center Indonesia Agus Tohamba, menambahkan bahwa hadirnya ATM Sembako Murah ini untuk memudahkan masyarakat mendapatkan sembako murah tanpa harus ke pasar atau ritel modern, karena selama ini sembako murah itu hanya bisa didapatkan di pasar murah pada momen-momen tertentu, seperti lebaran ada pasar murah dan menjelang puasa. 

"Tapi sekarang dengan ini (ASM), maka pasar murah akan dilaksanakan tiap hari kami hadirkan di Provinsi Sultra, tidak harus tahun baru, tidak harus lebaran, tidak harus nanti jelang puasa, tidak harus nanti natal dan sebagainya, kita hadirkan ATM Sembako murah ini tiap hari dengan catatan memiliki kartu ASM sembako murah," ucapnya.

Ia menuturkan bahwa kartu ATM Sembako Murah ini atau orang bilang kartu ajaib tidak hanya bisa mengakses kebutuhan sembako tetapi juga bisa digunakan untuk membeli token listrik, membeli pulsa, dan pembayaran lainnya. 

"Jadi ini kartu ajaib untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat Sultra. Dan Insya Allah dengan mitra Rp 25 Juta, ini akan kita mulai pertumbuhan ekonomi UMKM, dan rencana diawal akan membuka 1.000 Pengusaha Muda yang baru, dan ini akan terus kami kembangkan di seluruh pelosok Sultra," bebernya.

Agus melanjutkan bahwa untuk mengakses ATM Sembako Murah (ASM), masyarakat akan kami bagikan kartu ini secara gratis, agar dapat membeli sembako murah di ATM. Dan untuk mendapatkan kartu ini di Kantor Amal Center Indonesia di Jalan Dr. Sam Ratulangi, di dekat Bundaran Mandonga, Kota Kendari.

"Syaratnya cukup membawa KTP atau Kartu Keluarga, dan kartu ini dapat isi ulang saldonya dengan mobile banking Bank apa saja," tambahnya.

Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024