Kendari (ANTARA) - PT Pelayaran Nasional Indonesia atau Pelni (Persero) memilih Kota Baubau, Sulawesi Tenggara sebagai daerah pertama pada 2024 dalam menyosialisasikan penggunaan aplikasi Pelni Mobile, karena daerah itu masuk kategori pelabuhan terpadat kelima di Nusantara. 

Direktur Usaha Angkutan Penumpang Pelni, Nuraini Dessy, di Baubau, Kamis (4/1), mengatakan, sosialisasi penggunaan Pelni Mobile didaerah pemilik benteng terluas didunia itu agar masyarakat pengguna jasa kapal pelni tidak lagi harus mengantre di travel maupun di loket-loket untuk mendapatkan tiket Pelni.

"Kenapa kami targetnya Baubau menjadi yang pertama di tahun ini?, Baubau masuk kategori pelabuhan terpadat kelima," ujar Dessy didampingi Vice President Usaha Penumpang Non Komersial, Presda Simangasing, dan Kepala PT Pelni Cabang Baubau, Dicky Dermawandi saat memberikan keterangan kepada sejumlah media.
 
Ia mengatakan bahwa dari realisasi penumpang setiap tahun, sehingga pihaknya menjadikan pelabuhan daerah pemilik benteng terluas di dunia itu yang pertama untuk sosialisasi Pelni Mobile itu.

"Sebetulnya yang menjadi target adalah bagaimana teman-teman penumpang beralih dari ke penjualan Pelni lewat aplikasi Pelni Mobile, karena lewat aplikasi itu memudahkan untuk mendapatkan tiket, seperti walaupun lagi tiduran, masak itu bisa memesan tiket lewat aplikasi, sehingga tidak repot-repot harus antre lagi," ujarnya.

Meski target penggunaan aplikasi itu belum seperti yang di inginkan, namun pihaknya optimistis penggunaannya akan semakin meningkat apalagi dari wawancara (penumpang) di pelabuhan sudah banyak juga yang melakukan pembelian tiket melalui Pelni Mobile tersebut.

"Kenapa menjadi kendala di Baubau, karena Baubau ini kan lumayan banyak juga pulau-pulau nya. Nah yang ini juga jadi catatan kami untuk lebih melakukan sosialisasi secara instan baik melalui sosial media Pelni seperti instagram, facebook, Pelni162, website Pelni dan media bahwa kami sudah ada Pelni mobile," ujarnya.   
Untuk mendapatkan Pelni mobile, kata Dessy, masyarakat bisa mengunduh di aplikasi playstore, epstore di Ios.

Ia juga mengimbau masyarakat yang akan bepergian dengan menumpangi kapal Pelni agar membeli tiket jauh-jauh hari sebelum keberangkatan apalagi saat masa musim puncak. 

"Jadi kami juga tegaskan kepada teman-teman calon penumpang bahwa pembelian tiket ini tentunya harus jauh-jauh hari apalagi masa peak season, karena kami juga melakukan penjualan atau pembukaan tiket jauh-jauh hari atau tidak secara mendadak," katanya.

Pewarta : Yusran
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024