Kendari (ANTARA) -
Kepolisian Resor (Polres) Kolaka menyiapkan tim patroli tempat wisata untuk melakukan pengamanan kunjungan wisatawan di seluruh tempat wisata di Kabupaten Kolaka, Provinsi Sultra.
 
Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Polres Kolaka AKP Gusti Komang Sulastra saat dihubungi, Minggu malam, mengatakan bahwa dalam pengamanan kawasan wisata, pihaknya mendirikan tiga pos pengamanan (PAM).
 
"Satu di kawasan wisata Tamborasi, wisata Pantai indah Kapu Samaturu, dan di Pantai Kalomang Watubangga," kata Gusti.
 
Ia menyebutkan bahwa selain tiga pos PAM tersebut, pihaknya juga menyiagakan masing-masing sebanyak 10 personel di seluruh kawasan wisata di wilayah hukum Polres Kolaka untuk memastikan keamanan para wisatawan yang melakukan kunjungan wisata tahun baru 2024.
 
"Kalau di wisata lainnya di semua pantai, kita tidak ada Pos Pam, tapi kita tetap siagakan personel kepolisian di sana masing-masing 10 personel," ujar Gusti.
 
Gusti juga menyampaikan bahwa yang menjadi sasaran patroli pengamanan wisata tersebut adalah para wisatawan yang membawa minuman keras dan senjata tajam.
 
"Karena nanti bisa saja akibat dari minuman keras itu, mereka bisa melakukan kejahatan tindak pidana, bisa saja melakukan pencurian, penjambretan, bahkan nanti bisa saja mengarah kepada tawuran perkelahian antara remaja, makanya itu yang kita antisipasi," beber Gusti.
 
Ia menjelaskan bahwa pelaksanaan pengamanan kawasan wisata itu akan dilaksanakan hingga 2 Januari 2024. Namun, apabila masih terjadi peningkatan di sejumlah tempat wisata, pihaknya akan memperpanjang kembali pengamanan tersebut.
 
"Kami dari Polres Kolaka menghimbau kepada masyarakat yang ada di Kabupaten Kolaka maupun yang dari luar Kolaka yang hendak berwisata di wilayah Kabupaten Kolaka dimohon untuk menjaga ketertiban, menjaga kenyamanan agar tempat-tempat wisata itu kondisi dan nyaman untuk dilakukan wisata tahun baru 2024," jelasnya.

Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024