Kendari (ANTARA) - Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara  menggelar silaturahmi bersama Pengurus PKK Kecamatan, Desa dan Kelurahan sekaligus penyerahan bantuan makanan tambahan bagi ibu hamil dan balita untuk pencegahan stunting. Dua wilayah yang dikunjungi adalah Kecamatan Rumbia dan Rarowatu Utara.

Pj.Ketua TP PKK Kabupaten Bombana, Aeni Mutmainnah Edy Suharmanto, dalam rilis yang diterima, Kamis mengatakan, komitmen pemerintah daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya dalam upaya pencegahan stunting.

Menurutnya, tantangan-tantangan dan isu strategis yang terjadi di Kabupaten Bombana, merupakan  tanggung jawab bersama sebagai Tim Penggerak PKK.

Lebih lanjut, Aeni Edy Suharmanto mengatakan bahwa hal ini sejalan dengan amanah Permendagri Tahun 2020, bahwa kegiatan PKK adalah menggerakkan dan membina masyarakat untuk melaksanakan 10 program PKK, dengan sasaran yang dicapai adalah kelompok keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat untuk mewujudkan keluarga sejahtera.

"Kita sebagai unit terkecil atau keluarga sebagai garda terdepan, majunya suatu bangsa ada di tangan kita. Terutama ibu-ibu, tugas kita tidak ringan harus multitasking kita harus bisa me-manage waktu, yang paling power untuk membentuk aset-aset bangsa kita," tuturnya.

Dengan melihat angka stunting di Kabupaten Bombana yang masih relatif tinggi, Aeni menegaskan kepada semua pihak, untuk melakukan kunjungan langsung ke rumah-rumah masyarakat dan memvalidasi ulang, apakah benar-benar sesuai dengan kriteria stunting atau tidak.

"Kedepannya kita pengen door to door untuk melihat langsung apakah benar stunting di kabupaten Bombana itu cukup tinggi. Mungkin kedepannya kita akan banyak blusukan apa permasalahan yang sebenarnya," tuturnya.

 

Pewarta : Azis Senong
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024