Kendari (ANTARA) -
Sektor pariwisata Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) meraih juara pertama Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) untuk Wilayah Sulawesi, Maluku, dan Papua dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves).
 
Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Sultra Komjen Pol (Purn) Andap Budhi Revianto di Kendari, Sabtu, mengatakan bahwa anugerah tersebut diterima langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Sultra saat kegiatan Anugerah Bangga Berwisata di Indonesia (ABBWI) dan Anugerah Bangga Buatan Indonesia (ABBI) di Jakarta.
 
"Alhamdulillah, Provinsi Sultra berhasil meraih penghargaan, dan anugerah tersebut sebagai kado akhir tahun bagi kita semua," kata Andap.
 
Selain anugerah provinsi terbaik BBWI, Andap juga menyampaikan bahwa pada kesempatan itu juga Provinsi Sultra berhasil meraih juara satu sebagai provinsi terbaik dalam implementasi strategi kebijakan Pemerintah Daerah (Pemda), dan provinsi terbaik BBWI tingkat nasional.
 
"Jadi, pada malam penganugerahan itu, Provinsi Sultra berhasil menyabet tiga penghargaan sekaligus," ujarnya.
 
Andap menyebut bahwa anugerah tersebut menjadi sebuah prestasi yang gemilang bagi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra, sebagai bentuk pengakuan dari pemerintah pusat atas sektor pariwisata yang ada di Sultra.
 
"Rasa syukur, bangga, dan terima kasih patut diucapkan. Saya juga mengapresiasi Kepala Dinas Pariwisata dan seluruh jajaran yang telah bekerja keras, penuh dedikasi, dan tanggung jawab, yang akhirnya dapat membuahkan hasil," sebut Andap.
 
Dia berharap semoga anugerah tersebut semakin memperkuat sektor pariwisata Sultra, didampingi dapat mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif dan menciptakan lapangan kerja, yang selanjutnya juga menjadi potensi kekuatan ekonomi di wilayah Bumi Anoa.
 
"Dengan diterimanya anugerah ini diharapkan pariwisata Sultra semakin baik dan dapat dikenal pada level nasional maupun internasional. Pesan saya, jangan pernah lelah untuk berbuat dan mempromosikan destinasi wisata yang ada di Sultra tercinta," jelasnya.

Prestasi lainnya yang berhasil ditorehkan oleh Pemprov Sultra mendapatkan peringkat pertama "Resulience And Sustainable Industry" kategori Wilayah Pusat Pertumbuhan Industri (WPPI) dari Kementerian Perindustrian RI.

 

Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024