Kendari (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Kendari, Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) menyiapkan strategi untuk melakukan pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Kepala Polresta Kendari Kombes Pol Muhammad Eka Fathurrahman saat ditemui di Kendari, Kamis, mengatakan bahwa pengamanan itu dilakukan untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah hukum Polresta Kendari.

"Agar juga masyarakat yang memperingati Natal bisa beribadah dengan tenang dan nyaman," kata Kombes Eka Fathurrahman.

Dia menyebutkan bahwa dalam pengamanan tersebut, pihaknya akan menggelar Operasi Lilin Anoa 2023, yang akan dilaksanakan selama 12 hari.

"Operasi Lilin Anoa 2023 itu dilaksanakan mulai tanggal 22 Desember 2023 sampai dengan tanggal 2 Januari 2024," sebutnya.

Kombes Eka Fathurrahman juga menyampaikan dalam pelaksanaannya, pihaknya akan membangun sebanyak 15 pos pengamanan dan pos pengaduan dengan kekuatan personel kepolisian yang diturunkan sebanyak 106 orang.

"Dua pos pengaduan dan 13 pos pengamanan," ujarnya.

Adapun pos pengamanan dan pengaduan tersebut, lanjut Kombes Eka Fathurrahman, terdiri dari Pos Pengamanan Gereja Oikumene, Gereja ST. F. Xaverius, Gereja Immanuel, Gereja ST. Clement, Gereja Orel, Pos pengamanan Kendari Beach, Pos The Park, Pos Bundaran Tank, dan Pos pengamanan Gerbang Ranomeeto.

"Selanjutnya untuk pos pengamanan tempat wisata di Batu Gong, Toronipa, Bokori, dan Pos Pengamanan Nambo. Kalau pos pengaduan ada di Pos Pengaduan Pelabuhan Konawe Kepulauann (Konkep) dan Pos Pengaduan Bandara Haluoleo," beber Kombes Eka Fathurrahman.

Baca juga: Wakapolri Gatot Eddy ingatkan personel Polri bantu BMKG sebarkan informasi cuaca

Kombes Eka Fathurrahman juga menjelaskan bahwa apel gelar pasukan untuk operasi tersebut akan dilaksanakan secara bersamaan secara gabungan dengan Polda Sultra pada 21 Desember 2023.

"Nantinya para personel akan ditekankan terkait dengan pelayanan kepada masyarakat," tambahnya.

Ia juga mengimbau seluruh masyarakat agar selalu memperhatikan keselamatan dan ikut menjaga kamtibmas di wilayah hukum Polresta Kendari.

Baca juga: Siaga Natal-Tahun Baru, Basarnas Kendari tangani kecelakaan kapal dan kondisi membahayakan
 

Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : M Sharif Santiago
Copyright © ANTARA 2024