Kendari (ANTARA) - Bupati Konawe Utara (Konut) Sulawesi Tenggara, Ruksamin, mengatakan menyiapkan kawasan seluas 200 hektare untuk mewujudkan mimpi terbangunnya Skuadron Udara Lapangan Terbang di wilayah itu.

"Pemkab Konut telah menyiapkan lahan seluas 200 hektare di Kecamatan Langgikima," kata Bupati Konut, Ruksamin,  usai menghadiri upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 TNI di Kota Kendari, Kamis.

Bupati Konawe Utara Ruksamin, sebelumnya, telah menemui langsung Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, di Markas Besar TNI Angkatan Darat di Jakarta pada 3 Oktober 2023.

Kehadiran Ruksamin menemui Jenderal Dudung Abdurrahman bersama sejumlah pejabat diantaranya, Kadis Pendidikan, Kabag Kerja Sama, Kabag Ekonomi, dan Kabag Tata Pemerintahan Kabupaten Konawe Utara.

"Rencana Kasad TNI AD, akan berkunjung di Bumi Oheo Konawe Utara pada 9 Oktober 2023, sekaligus untuk meninjau wilayah pembangunan Skuadron Lapangan Terbang tersebut," kata Ruksamin.

Kata Bupati Konut, kehadiran dirinya ke Markas TNI AD dalam rangka audiensi dengan Kasad Jenderal Dudung Abdurachman, terkait pembangunan Skuadron Lapangan Terbang yang akan dibangun di Konawe Utara.

Menurut Ruksamin, pembangunan Skuadron Lapangan Terbang ini dapat meningkatkan efektivitas Pasukan Penanggulangan Reaksi Cepat (PPRC), dalam operasi latihan perang dan membantu dalam percepatan penanganan bencana alam, pergeseran pasukan, serta tugas-tugas sosial lainnya.

Hal itu, mengingat, Konawe Utara adalah wilayah rawan bencana seperti banjir dan bencana lainnya, karena itu, pembangunan Skuadron Lapangan Terbang ini akan membantu percepatan penanganan bencana alam.

Terkait upaya ini, Bupati Konut Ruksamin, secara khusus menyampaikan terima kasih kepada Kasad Dudung Abdulrachman, atas dukungannya terhadap rencana ini sekaligus menjadi suatu kehormatan dan kebanggaan tersendiri bagi pemerintah dan warga Konawe Utara.

Terkait apakah dari luas lahan yang disiapkan itu ada lahan milik masyarakat, Bupati Konut mengatakan nanti akan dibicarakan ulang.

"Kalaupun ada lahan masyarakat masuk dalam rencana pembangunan skuadron udara, tetap menjadi perhatian Pemkab Konut," tutur Ruksamin.

 

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024