Kendari (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) serentak menggelar tes urine kepada seluruh personel guna mendeteksi dini penggunaan narkoba di kalangan anggota Polri.

Kepala Bidang Kepala Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Sultra Kombes Pol drg. Ignatius Hendra A, Sp.KG di Kendari Rabu, mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan langkah proaktif dalam upaya Polda Sultra dalam memberantas penggunaan narkoba di tubuh Polri.

"Pada hari Rabu, 27 September 2023 Polda Sultra melaksanakan kegiatan tes urine serentak bagi seluruh anggota Polda Sultra," kata Ignatius.

Dia mengungkapkan bahwa tes urine tersebut juga dilakukan untuk mencegah anggota Polri terjerumus ke dalam lingkaran penyalahgunaan narkoba.

  Proses tes urine personel Polda Sultra yang dilakukan oleh Biddokkes. (Antara/La Ode Muh Deden Saputra) "Tes urine serentak ini diharapkan dapat memberikan data yang akurat dan menjaga profesionalisme anggota kepolisian di wilayah Sulawesi Tenggara," ungkapnya.

Ignatius menjelaskan bahwa hal itu merupakan salah satu langkah konkret untuk memastikan bahwa anggota Polri di Polda Sultra bebas dari zat-zat narkoba.

"Ini adalah komitmen kami untuk menjaga integritas dan kualitas pelayanan kepolisian kepada masyarakat," sebutnya.

Dia menyebutkan bahwa ter urine yang dilakukan oleh Biddokkes tersebut telah mendapat dukungan penuh dari Kepala Polda Sultra Irjen Pol Teguh Pritiwanto dan seluruh personel. Dengan begitu, hal itu juga memberikan contoh positif bagi masyarakat dalam upaya pencegahan penggunaan narkoba yang semakin meresahkan.

Kabiddokkes Polda Sultra itu berharap dengan adanya hasil tes urine tersebut dapat membantu mengidentifikasi potensi masalah terkait narkoba di kalangan Polri, khususnya di Polda Sultra, sehingga tindakan pencegahan dan rehabilitasi yang tepat dapat segera dilakukan.

"Upaya ini juga menegaskan komitmen Polda Sultra dalam menjaga profesionalisme dan moralitas anggota kepolisian demi pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat. Kegiatan ini melibatkan personel dari Bid Dokkes Polda Sultra dan Bid Propam Polda Sultra," jelasnya.
 

Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024