Kendari (ANTARA) - Sebanyak 14 pasangan calon istri dari anggota Brimob Polda Sulawesi Tenggara mengikuti sidang Badan Pembantu Penasehat Perkawinan Perceraian dan Rujuk (BP4R) di aula Markas Satuan Brimob Polda Sultra yang dipimpin Wakil Komandan (Wadan) Brimob Polda Sultra AKBP Indra Yanitra Irawan,SIK MSi di Kendari, Sabtu.

Sebelum mengikuti sidang, para remaja Brimob Polda Sultra yang semuanya berpakaian seragam hitam, sementara calon pasangannya dengan pakaian kemeja putih dan rok hitam, dimulai pada pukul 08.10 Wita dengan menempati kursi yang telah ditentukan panitia sidang.

"Jadi sidang pra-nikah bagi setiap anggota Polri ini digelar untuk mengetahui sejauh mana kesiapan anggota Polri dan pasangan dalam membangun rumah tangga yang secara administrasi terikat dengan kedinasan dan peraturan Kepolisian," kata Indra.

Sidang BP4R merupakan salah satu syarat untuk menikah bagi anggota Polri. Sidang pra-nikah ini wajib dijalankan bagi seluruh personel Polri beserta calon pasangan masing-masing serta dihadiri kedua orang tua calon.

Suasana harmonis di ruang aula, tak terduga saat sidang nikah personel Satuan Brimob Polda Sultra, di mana setiap calon mempelai wanita bahkan sampai ditanyakan soal gaji calon suaminya oleh sang komandan.

"Apakah kamu sebagai calon istri sudah tahu besaran gaji calon suami, siap sudah pak. Apa ada potongannya, siap ada pak," tanya Indra kepada salah seorang calon istri anggota Brimob peserta sidang tersebut.

Bahkan, di antara pasangan calon juga ditanya oleh Wadan Satuan Brimob tentang kisah perkenalan pasangan calon, sehingga mengantarkan mereka mengikuti sidang hari ini.

Sontak beberapa calon istri menjawab, ada melalui sosial media, dan ada juga yang menjawab kebetulan tetangga, dan ada yang sudah kenal sejak sekolah di SMP dan SMA, sehingga para undangan terkhusus orang tua yang hadir tampak tertawa dan senang mendengar jawaban polos dan jujur.

Setelah sidang pranikah, masing-masing pasangan calon yang didampingi kedua orang tua/wali, lalu menandatangani pakta integritas di hadapan Wadan Satuan Brimob Polda Sultra, disaksikan Wakil Ketua Ibu Bhayangkara Satuan Brimob Polda Sultra.

Selain menandatangani pakta integritas bagi kedua pasang calon, juga mendapat pembekalan dari Wakil Ketua Ibu Bhayangkara Satuan Brimob Polda Sultra, tim Perwira Provos Satuan Brimob Sultra dan juga dari Imam Masjid Satuan Brimob H. Masud.
Sebanyak 14 pasang calon suami istri dari anggota Brimob Polda Sultra saat mengikuti sidang pra nikah di aula Satuan Brimob Polda Sultra di Kendari, Sabtu (9/9/2023). ANTARA/Azis Senong. "Saya berpesan kepada adik-adik calon suami istri, jagalah keharmonisan rumah tangga, nama baik keluarga dan hindari kekerasan dalam rumah tangga (KDRT)," ujar perwira dua balak dari Provos Satuan Brimob Sultra.

Sementara dari Imam Masjid Mako Satuan Brimob H. Masud mendoakan agar para pasangan calon suami istri tersebut setelah melangsungkan pernikahan nanti menjadi keluarga sakinah mawaddah warahmah.


 

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024