Kendari (ANTARA) - Pemerintah Kota atau Pemkot Kendari meraih penghargaan Kota Layak Anak kategori Nindya tahun 2023 dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra pada peringatan Hari Anak Nasional tingkat Provinsi Sultra di Gedung Olahraga (GOR) Kota Kendari.

Wakil Gubernur Sultra H. Lukman Abunawas di Kendari, Selasa, menyampaikan, pada momen Hari Anak Nasional ini, tentunya mengingat peran ibu-ibu kita yang telah merawat dan kepada guru yang telah mendidik anak-anak di Kota Kendari.

"Tentu kita tidak akan besar sampai saat ini tanpa seorang ibu, yang selalu merawat, membimbing kita semua, dan terima kasih lah kepada para guru yang sudah mendidik dengan baik, anak-anak kita terkhusus di Sulawesi Tenggara,” kata Lukman dalam sambutannya.

Ia mengungkapkan bahwa pada peringatan Hari Anak Nasional ini juga mengingatkan kita tentang bagaimana agar bisa mendidik anak-anak bangsa untuk menjadi penerus selanjutnya.

“Tentunya diawali dengan pembinaan sejak usia dini, yang harus kita rawat dan memberikan pendidikan, serta pemahaman kepada anak-anak di bidang kita masing-masing,” ujarnya.
  Wakil Gubernur Sultra H. Lukman Abunawas saat membawakan sambutan di peringatan Hari Anak Nasional tingkat Provinsi Sultra. (Antara/HO-Pemkot Kendari) Sementara itu, Asisten II Sekretariat Daerah (Setda) Kota Kendari Jahuddin menuturkan bahwa hal tersebut merupakan penghargaan ke tiga yang didapatkan oleh Pemerintah Kota Kendari sebagai Kota Layak Anak Ketgori Nindya.

“Alhamdulillah kita sangat bersyukur, atas jerih payah Pemkot Kendari yang sudah meraih predikat sebagai Kota Layak Anak, tentu melalui Dinas PPPA (Perempuan dan Pemberdayaan Perlindungan Anak) kita sudah terima tiga kali mendapatkan prestasi dengan kategori Nindya,” sebut Jahuddin.

  Foto bersama jajaran Pemprov Sultra dan Pemkot Kendari usai penyerahan penghargaan Kota Layak Anak kategori Nindya untuk Kota Kendari. (Antara/HO)


Senada dengan itu, Kepala Dinas PPPA Kota Kendari Hj. Sitti Ganef menyampaikan bahwa Pemkot Kendari sangat bersyukur sekali mendapatkan penghargaan dari Pemprov Sultra.

“Yang sebelumnya juga kami sudah terima penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan dan Perlindungan Anak, bahwa kita sudah ke sepuluh kali, tahun ini sudah ke tiga kali untuk kategori Nindya,” kata Ganef.

Dia juga menjelaskan bahwa Kota Kendari ini merupakan Kota Layak Anak, yang mampu merencanakan, menetapkan, serta mampu menjalankan seluruh program pembangunan dengan berorientasi pada hak-hak anak, agar anak dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan harkat dan martabatnya.

Dia juga berterima kasih kepada Pj Walikota Kendari yang telah mendukung dan mensuport (membantu) apa yang telah dilakukan oleh Dinas PPPA, serta dari gugus tugas, dan seluruh stakeholder yang sudah terus mensuport baik Dinas PPPA maupun Pemerintah Kota Kendari.
  Jajaran ASN Pemprov Sultra dan Pemkot Kendari yang menghadiri Peringatan Hari Anak Nasional tingkat Provinsi di GOR Kendari. (Antara/HO)

 

Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024