Kendari (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kendari menyebut cuaca wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) pagi hingga siang hari umumnya cerah berawan, meski ada beberapa tempat yang berpotensi hujan ringan.

Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim BMKG Kendari Faizal Habibie dalam keterangan resmi di Kendari, Jumat, mengatakan secara umum dari 17 kabupaten/kota di Sultra cerah berawan, kecuali wilayah Kabupaten Kolaka Utara berpotensi hujan ringan.

"Di Kolaka Utara hujan ringan hanya beberapa desa dan kecamatan, namun secara keseluruhan cerah berawan," ujarnya.

Ia mengatakan pagi hari umumnya cerah hingga berawan dan  siang soresore hari juga masih tetap cerah dan berawan tipis.

Pada malam hari, lanjut Faizal, berpotensi hujan ringan di wilayah Kolaka Utara yang meliputi Kecamatan Lasusua dan sekitarnya.

Adapun suhu udara antara 23 - 33 derajat Celsius dengan kelembaban udara antara 50 - 95 persen dan kecepatan angin bertiup dari timur ke selatan per 2 - 30 kilo meter per jam.

Lebih lanjut, Faizal Habibie menjelaskan gelombang laut di wilayah perairan Sultra masih tergolong aman bagi nelayan yang melakukan aktivitas, namun tetap waspada, terutama pada perairan Laut Banda dan Wakatobi dengan gelombang antara 1 - 2 meter.

Sementara gelombang antara 1,25 - 2,5 meter terjadi di Selat Makassar bagian selatan, Perairan Spermonde Makassar bagian barat, perairan Kepulauan Selayar, dan Laut Flores bagian timur.

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024