Kendari (ANTARA) - Sebanyak tujuh jurnalis dari berbagai media lokal di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara resmi dinyatakan lulus mengikuti Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan Perum LKBN Antara melalui Lembaga Pendidikan Jurnalistrik Antara (LPJA) di Kendari, Rabu.

Dari tujuh media lokal, yang sah mengantongki sertifikat UKW yaitu Kendariinfo.com, Portal.id, Suarasultra.com, Harian Kendari Pos, tirtamedia.id, inewskendari.id dan rri.co.id.

Dua penguji UKW kali ini adalah Penguji Madya Biqwanto Situmorang, yang juga Redaktur Ekonomi Perum LKBN ANTARA dan Penguji Muda Rahmad Nasution, yang juga Redaktur Internasional Perum LKBN ANTARA.

Biqwanto mengatakan secara umum koordinasi para peserta selama proses UKW sudah cukup bagus dan menyatakan dua orang peserta uji madya dinilai kompeten.

"Catatannya bagi peserta madya agar dapat terus belajar untuk menguatkan penyutingan dan penulisan features,” pesan Bigwanto.

Sementara itu, Rahmad Nasution berharap apa yang dilakukan atau ditunjukkan para peserta saat menjalani uji kompetensi bukan hanya dilakukan saat menjadi peserta uji, namun juga dalam menjalani tugas keseharian sebagai jurnalis profesional.

"Saya percaya, teman-teman akan melakukan hal yang sama seperti yang sudah ditunjukkan saat uji kompetensi, dan menurut saya kemampuan semua peserta uji muda overall oke dan kompeten," ujar Rahmad.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Kantor Berita ANTARA Biro Sulawesi Tenggara Hernawan yang hadir sejak UKW dimulai (8/8) mengatakan bahwa UKW ini adalah dasar untuk menyatakan para peserta uji adalah wartawan yang kompeten. 

Namun, bagi Hernawan sejatinya seorang wartawan harus terus belajar untuk menjadi wartawan yang profesional dan tidak boleh merasa puas bahkan setelah dinyatakan kompeten.

"Yang penting bagi teman-teman semua adalah belajar dan belajar terus, jangan berhenti untuk belajar. Jangan sampai ketika kita melakukan wawancara kita kehabisan bahan karena berhenti belajar banyak hal," ujar Hernawan.

Di ujung acara, Kabiro ANTARA Sultra memberikan secara langsung sertifikat kepada kepada kedua penguji. Setelahnya dilakukan foto bersama.
 

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024