Kendari (ANTARA) - UPTD Museum dan Taman Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tenggara menyelenggarakan Lomba Cerdas Cermat Museum (LLCM) 2023 tingkat sekolah menengah pertama (SMP/MTs) sederajat yang diikuti sebanyak 20 kelompok peserta di salah satu hotel di Kendari, Rabu.

Kegiatan lomba cerdas cermat tingkat sekolah menegah pertama se Kota Kendari itu dibuka Kepala UPTD Museum dan Taman Budaya Laudin, S,Sos, M.Hum mewakili Kadis Dikbud Sultra.

Laudin, mengapresiasi kegiatan lomba tersebut sebagai agenda tahunan di lingkungan UPTD Museum Sultra.

"Pasca  Covid-19 kegiatan cerdas cermat tingkat SD, SMP maupun SMU-SMK ditiadakan selama dua tahun dan baru tahun 2023 ini dil aksanakan kembali," ujarnya.

Ia mengatakan, LCCM  2023 adalah kompetisi kognitif tentang wawasan Permuseuman dan kebudayaan antar siswa-siswi tingkat SMP/MTs  sederajat se-Kota Kendari. 

  Pihak panitia kegiatan LLCM 2023 tingkat SMP-MTs se derajat se Kota Kendari yang diselenggarakan di salah satu hotel di Kendari, Rabu. (Foto ANTARA/Azis Senong)

Program ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan sehingga menciptakan siswa-siswi yang berkualitas dalam bidang permuseuman dan kebudayaan. 

"Adapun pemenang LCCM 2023 akan mewakili Provinsi Sulawesi Tenggara pada Lomba Cerdas Cermat Museum Nasional 2023 pada bulan Oktober di Museum Nasional- Jakarta," kata Laudin didampingi Ka TU Museum dan Taman Budaya Sultra Dr. W.Syuhida, MPd.

Ia menambahkan, adapun materi yang diperlombakan dalam LCCM SMP/MTs  meliputi pengetahuan Sejarah Perkembangan Permuseuman, Museum Nasional, Kebudayaan serta Sejarah Nasional yang diselenggarakan selama tiga hari (2-4 Agustus 2023).

Panitia LCCM menghadirkan beberapa tim yuri seperti  Dr. Aslim, S.S, M.Hum dan Dr. Abdul Halim Momo, MPd Akademisi Universitas Haluoleo (UHO) dan Dr. Hj. Ila Nasrah Nusuha, M.Pd  pejabat fungsional pengembang penilai pendidikan Dikbud Provinsi Sultra.
 

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024