Kendari (ANTARA) - Pemerintah Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara menyediakan lapak kuliner dan pangan murah untuk meramaikan kegiatan Jambore Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) di Gedung Balai Kota Kendari, Kecamatan Mandonga.

Penjabat Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu di Kendari, Kamis, mengatakan lapak tersebut digelar di parkiran selatan Kantor Balai Kota Kendari, dibuka dua hari selama Jambore PKK, 12-13 Juli 2023.

"Lapak ini diisi oleh Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK kecamatan dan kelurahan," kata dia.

Ia mengungkapkan lapak UP2K PKK dari 11 kecamatan di Kota Kendari itu diisi dengan berbagai jenis jajanan atau makanan ringan dari olahan rumahan yang dibuat anggota TP PKK maupun Dasawisma di kelurahan maupun kecamatan di Kota Kendari.

"Semua olahan dari anggota Dasawisma dan TP PKK Kota Kendari," kata dia.

Ia menyampaikan di lokasi tersebut juga tersedia pangan murah digelar Dinas Ketahanan Pangan Kota Kendari.

"Lapak ini menyediakan kebutuhan pokok masyarakat dengan harga terjangkau atau lebih murah dibandingkan dengan harga di pasar," kata Asmawa.

Dia menyebutkan harga tersebut ditawarkan lebih murah karena langsung dijual oleh distributor. Bahan pokok yang disediakan di antaranya beras, minyak, gula pasir, telur, bawang, dan sejumlah sayuran.

Ia menuturkan pada hari pertama dibuka lapak pangan murah, langsung diserbu warga untuk berbelanja kebutuhan pokok sehari-hari. Namun, pada hari kedua jumlah pembeli berkurang karena cuaca yang tidak mendukung aktivitas warga di Kota Kendari.

"Lapak yang cukup ramai dalam dua hari ini, yakni lapak aksesoris, lapak ini selalu ramai dikunjungi para peserta Jambore PKK maupun para pegawai Kantor Wali Kota Kendari," katanya.

Stan tersebut juga diisi oleh lapak Dekranasda, Dharma Wanita Persatuan Kota Kendari, dan Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT).


Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024