Konawe Utara (ANTARA) - Bupati Konawe Utara, Sultra, H. Ruksamin, melantik dan mengambil sumpah 78 kepala desa terpilih untuk masa jabatan 2023-2029 di Aula Konasara, Senin (10/7).

Bupati Konawe Utara H. Ruksamin dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada kepala desa yang baru saja dilantik serta ucapan terima kasih kepada pejabat kepala desa dan penjabat kepala desa antarwaktu yang telah melaksanakan tugasnya.

"Selamat kepada 78 kepala desa yang baru saja dilantik untuk periode 2023-2029, dengan harapan para kepala desa yang baru dapat membawa wajah dan pemikiran yang aktual dalam mengisi pembangunan di wilayah Kabupaten Konawe Utara serta dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat” Ucapnya

Lebih lanjut Bupati Konawe Utara H. Ruksamin mengatakan bahwa dalam pelantikan hari ini masih tetap mengacu pada ketentuan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa bahwa masa jabatan kepala desa selama enam tahun, dimana kita ketahui informasi saudara-saudara kita di DPR sementara mengupayakan masa jabatan kepala Desa selama sembilan tahun dan dua periode serta usulan agar alokasi Dana Desa menjadi 15 persen dari APBD.
  
Bupati Konawe utara berpesan untuk melaksanakan tugas sebagai kepala desa sesuai dengan peraturan perundang-undangan serta kembali mempersatukan kembali perbedaan yang terjadi saat pemilihan kepala desa.

“Bekerjalah sesuai dengan peraturan perundang-undang yang berlaku karna sejalan dengan banyaknya pendanaan yang masuk ke desa maka pengawasanpun akan semakin ketat, dari sepanjang tahun Konawe Utara terbentuk menjadi sebuah kabupaten tahun ini calon kepala desa melebih dari kuota yang sampai berjumlah 6 orang sehingga kami mengadakan proses untuk menetapkan 5 calon kepala desa sesuai dengan peraturan perundang-undangan, ini merupakan salah satu efek tingginya APBDes di Kabupaten Konawe Utara untuk Desa yang ada saat ini, untuk itu saya harapkan bekerjalah sesuai peraturan dan bekerjalah tanpa membeda-bedakan status sosial, agama, dan suku, anda harus melayani dengan sunggu-sunguh karna itu adalah tangung jawab bapak ibu.” ungkapnya

“Saya harapkan cepat kembali untuk mempersatukan semua, proses telah selesai, saya tidak harapkan sekat-sekat ini terus berlanjut untuk menjaga kerukunan dan kedamaian dengan baik demi perkembangan Kabupaten Konawe Utara.” kata ruksamin

Bupati Konawe Utara juga membahas tentang Program Sertifikat tanah, ia menjelaskan bahwa hal ini sejalan dengan program pencanangan Kabupaten Konawe Utara, dimana seluruh bidang tanah tahun ini akan diprogramkan sehingga untuk di Sulawesi tenggara bahkan di Indonesia Timur kabupaten pertama yang akan menjadi kabupaten lengkap adalah Kabupaten Konawe Utara dan dalam waktu dekat ini menteri pertanahan akan berkunjung ke Konawe Utara semua tanah akan didata untuk disertifikatkan termasuk aset pemerintah desa.

Ia menambahkan, Pemerintah Kabupaten Konawe Utara tahun ini telah menyiapkan kendaraan operasional bagi kepala desa yang belum mendapatkan kendaraan operasional serta akan memaksimalkan pembangunan kantor desa hingga tahun 2024 .

“Untuk Kepala Desa yang belum mendapatkan kendaraan operasional tahun ini kami telah menyiapkan kendaraan dinas bagi semua kepala desa yang belum mendapatkan, kendaraan operasional ini sebagai dukungan dalam proses kepala desa menjalankan tugas sebagai aparat pemerintah, serta saya juga telah menegaskan melalui BPMD agar kantor desa yang belum dibangun secara bertahap kita maksimalkan sehingga 2024 semua kantor desa yang ada di Konawe Utara telah terbangun," katanya.

Pewarta : Hernawan Wahyudono
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024