Kendari (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), menyerahkan bantuan kepada korban angin puting beliung yang rumahnya tertimpa pohon tumbang di Kelurahan Kendari Caddi, Kecamatan Kendari Barat, dan di Kecamatan Baruga, Kota Kendari.

Penyerahan bantuan tersebut dilakukan langsung oleh Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Kendari Ridwansyah Taridala bersama Dinas Sosial (Dinsos) Kota Kendari Abdul Rauf.

Abdul Rauf melalui keterangan resminya, di Kendari, Minggu, mengatakan angin puting beliung yang terjadi di Kota Kendari, pada Jumat (7/7) mengakibatkan sebanyak delapan rumah di Kelurahan Kendari Caddi dan di Kecamatan Baruga rusak akibat tertimpa pohon yang tumbang

“Akibat puting beliung ini, tepatnya di Kelurahan Kendari Caddi, ada dua orang keluarga, rumahnya tertimpa pohon. Di Baruga juga, tertimpa musibah puting beliung,” katanya. 

Ia mengungkapkan pasca-terjadinya bencana alam angin puting beliung itu, Pemkot Kendari melalui Dinsos langsung melakukan rapat bersama Badan Amil Zakat (Baznas) Kota Kendari untuk menurunkan bantuan sosial kepada para korban.

Sementara untuk perbaikan rumah yang terdampak dari angin puting beliung itu, lanjut Abdul Rauf, pihak Dinsos akan melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan Dinas Perumahan Kota Kendari.

Ia menyebutkan keluarga yang tertimpa bencana tersebut memang sudah sepantasnya untuk menerima bantuan dari Pemkot Kendari.

“Ini kan harus terpadu semua, kalau kami dari Dinsos tentu kebutuhan dasar yang harus kita penuhi. Kemudian untuk perumahan ada Dinas Perumahan yang akan menindaklanjuti, apalagi keluarga yang menjadi korban ini kategori miskin. Tentu pemerintah harus ada upaya-upaya untuk langkah selanjutnya,” jelas Abdul Rauf.

Ia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Kendari agar lebih waspada dengan cuaca buruk dan menjauhi lokasi yang mungkin berpotensi menjadi pohon tumbang ataupun tanah longsor.


Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024